PENINGKATAN KETERAMPILAN MASYARAKAT MANJEPPU DALAM MEMBUAT JEMBATAN BAJA RINGAN

Authors

  • Khairil Politeknik Negeri Ujung Pandang
  • Adiwijaya
  • Irka Tangke Datu
  • Nur Aisyah Jalali
  • Syafar Rahman

Keywords:

Peningkatan keterampilan, jembatan pejalan kaki, jembatan rangka baja bentuk dingin, Lingkungan manjeppu

Abstract

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk mentransfer ilmu dan meningkatkan keterampilan masyarakat di Lingkungan Manjeppu dalam membuat struktur rangka jembatan baja ringan untuk pejalan kaki. Kegiatan PKM diawali dengan melakukan persiapan di kampus Politeknik Negeri Ujung Pandang lalu melakukan kegiatan inti PKM di lokasi mitra. Kegiatan inti dilakukan dengan dua cara yakni kegiatan transfer pengetahuan melalui presentasi dan diskusi tanya jawab, dan kegiatan pengembangan keterampilan melalui simulasi dan praktek membuat struktur rangka jembatan baja ringan. Kegiatan dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 14 Oktober 2023 dengan jumlah peserta 13 orang. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa sebagian besar peserta mampu memotong profil baja ringan, mampu membuat model sambungan dengan benar dan dapat menggunakan bor serta memasang sekrup untuk merangkai struktur rangka jembatan. Dengan hasil tersebut masyarakat Manjeppu diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan pembuatan jembatan pejalan kaki untuk menyebrangi sungai kecil yang banyak dijumpai di Lingkungan Manjeppu.

References

Akmal, I. (2009). Seri Rumah Ide Baja Ringan. Jakarta: PT. Gramedia Utama.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Maros. (2019). Kecamatan Lau Dalam Angka 2019. Maros.

Badan Standardisasi Nasional. (2013). SNI 7971:2013. tentang Struktur Baja Canai Dingin. Jakarta.

Firman & Rahim, N.A.P. (2021). Kekakuan Struktur Rangka Baja Canai Dingin yang Disambung Dengan Dua Tipe Sambungan. Laporan Tugas Akhir. Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Ujung Pandang. Makassar.

Khairil., Jalali, N.A., Ramli, M. R., Rahman, S., Akmaluddin., & Farhan. (2022). Pembuatan Jembatan Rangka Baja Canai Dingin (Baja Ringan) untuk Pejalan Kaki di Lingkungan Manjeppu: Prosiding 6th Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M), 5 November 2022 (pp. 226-231). Makassar: Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Pemerintah Kabupaten Maros. (2021). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026. Maros.

Downloads

Published

2024-01-12

How to Cite

Khairil, Adiwijaya, Irka Tangke Datu, Nur Aisyah Jalali, & Syafar Rahman. (2024). PENINGKATAN KETERAMPILAN MASYARAKAT MANJEPPU DALAM MEMBUAT JEMBATAN BAJA RINGAN . Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 9(3), 891 - 898. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/1553