PEMBERDAYAAN WARGA DALAM PENGOLAHAN ECO-ENZYME PADA BANK SAMPAH FLAMBOYAN KELURAHAN SUNGAI SIRING

Authors

  • Ibnu Eka Rahayu Polnes
  • Marlinda
  • Sekar Ayu Setyowati

Keywords:

bank sampah, eco-enzyme, sampah organik

Abstract

Sampah adalah buangan yang dihasilkan dari suatu kegiatan sehari-hari manusia dan termasuk permasalahan umum yang dapat berdampak negatif bagi lingkungan. Untuk itu diperlukan upaya penanganan sampah. Salah satunya, melalui bank sampah yang memfasilitasi untuk mengelola sampah dengan prinsip 3R (reduce, reuse, dan recycle) dengan konsep pengumpulan sampah kering rumah tangga, seperti plastik, kertas, kaleng, dan lain-lain yang menerapkan sistem konversi dari sampah menjadi uang. Namun, selama ini Bank Sampah Flamboyan yang merupakan salah satu bank sampah yang terletak di sisi terluar Kota Samarinda, tepatnya di Kelurahan Sungai Siring, Kecamatan Samarinda Utara belum melakukan pengolahan untuk sampah yang bersifat organik. Untuk itu kegiatan pengabdian masyarkat ini bertujuan untuk mensosialisasikan prosedur pembuatan eco-enzyme yang berbahan baku dari sampah-sampah organik seperti sayur-sayuran atau kulit buah-buahan hasil pembuangan rumah tangga. Kegiatan ini menambah wawasan dan keterampilan mitra dan masyarakat dalam mengembangkan pengolahan sampah. Hasil dari kegiatan ini peserta semakin memahami jenis-jenis sampah dan prosedur pembuatan eco- enzyme sehingga dapat melakukannya secara mandiri.

References

Astuti, A. P., Tri, E., Maharani, W., (2020) Semarang, U. M., Semarang, U. M., Semarang, U. M., & Gula, V. (n.d.). Pengaruh Variasi Gula Terhadap Produksi Ekoenzim Menggunakan Limbah Buah Dan Sayur. 470–479.

Garini, A. (2012). Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Negeri Terhadap Pengelolaan Sampah Di Kecamatan Bantar Gebang Kota Bekasi. Tugas Akhir. Depok.

Harimurti, S. M., Rahayu, E. D., Yuriandala, Y., Koeswandana, N. A., Sugiyanto, R. A. L., Perdana, M. P. G. P., ... & Sari, C. G. (2020). Pengolahan Sampah Anorganik: Pengabdian Masyarakat Mahasiswa pada Era Tatanan Kehidupan Baru. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 3, 565-572.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (2023). Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional.Jakarta, Indonesia. https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/.

Megah, S. I., Dewi, D. S., & Wilany, E. (2018). Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga Digunakan Untuk Obat Dan Kebersihan. Minda Baharu, 2(1), 50.

Prabekti, Y. S. (2020). Eco-Fermentor: Alternatif Desain Wadah Fermentasi Eco-Enzyme. Bogor Agricultural University (IPB), 43(1), 7728.

Suryani, A.S. (2014). Peran Bank Sampah Dalam Efektivitas Pengelolaan Sampah (Studi Kasus Bank Sampah Malang).

Downloads

Published

2024-02-20

How to Cite

Ibnu Eka Rahayu, Marlinda, & Sekar Ayu Setyowati. (2024). PEMBERDAYAAN WARGA DALAM PENGOLAHAN ECO-ENZYME PADA BANK SAMPAH FLAMBOYAN KELURAHAN SUNGAI SIRING . Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 9(3), 914 - 921. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/1559