MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM "RUMAH HIJAB" MELALUI PEMASARAN DIGITAL DAN MANAJEMEN USAHA

Authors

  • Renita Kawuryan Politeknik Negeri Samarinda
  • Tandi Kandang Politeknik Negeri Samarinda
  • Siti Nurhasanah Politeknik Negeri Samarinda
  • Virgy Anandya Politeknik Negeri Samarinda
  • Fauziah Lily Anggraeni Politeknik Negeri Samarinda

Keywords:

UMKM, Fashion Hijab, Pemasaran Digital, Manajemen Usaha, Pemberdayaan UMKM

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memainkan peran penting dalam perekonomian Indonesia. Namun, banyak UMKM, terutama di sektor fashion, menghadapi tantangan dalam mengembangkan bisnis mereka. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing UMKM "Rumah Hijab" melalui strategi pemasaran digital dan manajemen usaha yang efektif. Metode yang digunakan adalah pendekatan pemecahan masalah yang melibatkan identifikasi masalah, perancangan solusi, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam berbagai aspek, termasuk pemasaran, penataan toko, manajemen stok, dan pemanfaatan media sosial. Kegiatan ini berhasil memberdayakan UMKM "Rumah Hijab" dan memberikan wawasan berharga tentang pentingnya pendampingan dan pelatihan bagi UMKM dalam menghadapi tantangan bisnis di era digital.

Downloads

Published

2024-10-15

How to Cite

Renita Kawuryan, Tandi Kandang, Siti Nurhasanah, Virgy Anandya, & Fauziah Lily Anggraeni. (2024). MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM "RUMAH HIJAB" MELALUI PEMASARAN DIGITAL DAN MANAJEMEN USAHA. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 10(3), 65 - 72. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/1663