PENGARUH KEMIRINGAN SUDUT PADA PENGUKURAN BOLLARD PULL TEST: MODEL MATEMATIS DAN KOREKSI BIAS UNTUK AKURASI PENGUJIAN

Authors

  • Rachmad Tri Soelistijono PPNS
  • Urip Mudjiono PPNS
  • Hendro Agus Widodo PPNS

Keywords:

Bollard Pull Test, Bias Pengukuran, Koreksi Sudut, Model Matematis, Kapasitas Tarik Kapal, Tugboats, Sistem Propulsi, Operasi Maritim, Efisiensi Pelabuhan, Desain Kapal, Simulasi Numerik

Abstract

Bollard Pull Test (BPT) adalah metode penting untuk mengukur kapasitas tarik kapal, terutama tugboats, yang digunakan dalam berbagai operasi maritim seperti berlabuh dan menarik kapal. Meskipun pengujian ini sangat krusial, sering kali diabaikan pengaruh kemiringan sudut antara kapal dan bollard, yang dapat menyebabkan bias pengukuran yang signifikan. Penelitian ini mengembangkan model matematis untuk mengukur dan mengoreksi bias yang disebabkan oleh kemiringan sudut vertikal dan horizontal selama pengujian Bollard Pull. Dengan memperhitungkan pengaruh sudut ini, kami menunjukkan bagaimana koreksi sudut yang tepat dapat menghasilkan pembacaan daya tarik yang lebih akurat, yang sangat penting untuk perencanaan operasi pelabuhan, desain kapal, dan efisiensi sistem propulsi. Simulasi yang dilakukan mengungkapkan bahwa tanpa koreksi, bias dapat mencapai lebih dari 10%, yang mempengaruhi keputusan desain kapal dan penggunaan tugboats. Temuan ini memberikan wawasan baru tentang pentingnya koreksi sudut dalam pengujian Bollard Pull untuk memastikan hasil yang lebih representatif dan aman dalam operasi maritim. Penelitian ini tidak hanya memperkaya kajian teknis pengujian bollard pull tetapi juga berkontribusi pada pengembangan teknologi maritim modern untuk meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan operasi pelabuhan.  

References

Daftar Refernsi

ABS. (2019). Bollard Pull Test Procedures. American Bureau of Shipping.

Devarapali, S., Manske, A., Khayamim, R., Jacobs, E., Li, B., Elmi, Z., … & Dulebenets, M. (2024). Electric tugboat deployment in maritime transportation: Detailed analysis of advantages and disadvantages. Maritime Business Review, 9(3), 263-291. https://doi.org/10.1108/mabr-12-2023-0086

DNV GL. (2021). Guidelines for Bollard Pull Tests. DNV GL.

Ghadimi, P., Donyavizadeh, N., & Taghikhani, P. (2020). Utilization of open-source OpenFOAM code to examine the hydrodynamic characteristics of a linear jet propulsion system with or without stator in bollard pull condition. International Journal of Rotating Machinery, 2020, 1-11. https://doi.org/10.1155/2020/8867416

ITTC. (2020). Standard Procedure for Bollard Pull Test. International Towing Tank Conference.

Lickona, T. (1991). Educating for Character. Bantam.

Mthembu, S., & Chasomeris, M. (2023). An assessment of the capacity and the performance of marine services in South Africa’s ports. Journal of Transport and Supply Chain Management, 17. https://doi.org/10.4102/jtscm.v17i0.879

Paulauskas, V., Paulauskas, D., & Simutis, M. (2024). Estimation of tug pulling power (bollard pull) and number of tugs required during ship mooring operations. Journal of Marine Science and Engineering, 12(11), 1959. https://doi.org/10.3390/jmse12111959

Xiao, W., Liu, Z., Xu, C., & Ding, J. (2024). Experimental and numerical investigation of the propeller thrust reduction in bollard pull condition. Journal of Physics Conference Series, 2691(1), 012046. https://doi.org/10.1088/1742-6596/2691/1/012046

Downloads

Published

2025-11-27

How to Cite

Rachmad Tri Soelistijono, Urip Mudjiono, & Hendro Agus Widodo. (2025). PENGARUH KEMIRINGAN SUDUT PADA PENGUKURAN BOLLARD PULL TEST: MODEL MATEMATIS DAN KOREKSI BIAS UNTUK AKURASI PENGUJIAN. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 11(1), 748 - 757. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/1760