RELASI ALAM PIKIRAN MATEMATIKA DAN REALITAS: TELAAH PEMIKIRAN THE LIANG GIE TENTANG FILSAFAT MATEMATIKA
Keywords:
Filsafat Matematika, The Liang Gie, Realitas, Alam Pikiran, Logika, Konstruksi RasionalAbstract
Artikel ini membahas relasi antara alam pikiran matematika dan realitas empiris berdasarkan telaah atas pemikiran filsuf Indonesia, The Liang Gie. Dalam perspektifnya, matematika dipahami sebagai hasil konstruksi rasional manusia yang tersusun dalam sistem logis tertutup, dan bukan representasi langsung dari dunia nyata. The Liang Gie menekankan bahwa objek-objek matematika—seperti bilangan dan bentuk geometris—merupakan entitas mental yang memiliki koherensi internal, tetapi tidak bersifat empiris.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah secara kritis bagaimana pemikiran The Liang Gie mengenai filsafat matematika dapat memperkuat pemahaman relasi antara konstruksi rasional dan realitas empiris, sekaligus menilai relevansinya dalam konteks pendidikan vokasi yang menuntut integrasi antara nalar abstrak dan aplikasi praktis. Dengan tujuan tersebut, penelitian berusaha menguji proposisi bahwa matematika, meskipun bersifat simbolik dan mental, tetap dapat dijadikan landasan konseptual yang aplikatif dalam bidang-bidang terapan.
Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan hermeneutik terhadap karya-karya The Liang Gie yang relevan. Analisis dilakukan melalui kerangka kerja pengujian berupa tiga tahap: (1) identifikasi konsep-konsep utama The Liang Gie tentang filsafat matematika, (2) penghubungan konsep tersebut dengan teori-teori filsafat ilmu kontemporer, dan (3) evaluasi implikasi teoretis dan praktisnya bagi pemahaman relasi antara matematika dan realitas empiris, khususnya dalam konteks pendidikan vokasi. Dengan kerangka ini, penelitian tidak hanya bersifat deskriptif, tetapi juga argumentatif dan analitis, sehingga dapat menajamkan hubungan antara masalah, teori, dan temuan.
References
DAFTAR PUSTAKA
Budiyanto, Agus Hasan. (2018). Tentang Realitas dari Segala Sesuatu. Jurnal Filsafat. Jilid 28, Nomor 1: 1-24. Fakultas Filsafat UGM. Yogyakarta. https://doi.org/10.22146/jf.30244.
Hidayat, S. (2020). “Model Matematika dalam Penelitian Sosial: Antara Abstraksi dan Realitas.” Jurnal Filsafat 30, no. 2 (2020): 195–210.
https://www.belbuk.com/the-liang-gie pn577.html#:~:text=The%20Liang%20Gie%20lahir%20pada,Jakarta%20pada%20Kotapraja%20Jakar ta%20Raya. Diakses tanggal 13 April 2022
Kaelan. (2015). Filsafat Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta: Paradigma.
Kattsoff, Louis O. (2004). Pengantar Filsafat. Alih Bahasa oleh Soejono Soemargono. Tiara Wacana. Yogyakarta.
Lakatos, Imre. (1976). Proofs and Refutations. Cambridge: Cambridge University Press.
Marzuki. (2020). “Implikasi Filsafat Konstruktivisme dalam Pembelajaran Matematika.” Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia 5, no. 2 (2020): 110–120.
Putawa, Riliandi Arindra. (2022). Relasi Alam Pikiran Matematika dan Realitas: Telaah Pemikiran Filsafat Matematika The Liang Gie. Dalam Jurnal Filsafat Indonesia, Vol 5 No 2 Tahun 2022
Rahayu, (2019). T. “Peran Simbol dalam Pembelajaran Matematika Modern.” Jurnal Ilmu Pendidikan 19, no. 1 (2019): 40–50.
Suriasumantri, Jujun S. (2017). Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
The Liang Gie. (1980). Filsafat Ilmu dan Logika Matematika. Yogyakarta: Liberty.
The Liang Gie. (1981). Filsafat Matematika. Yogyakarta: Supersukses.
The Liang Gie. (2007). Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty.



