PENINGKATAN MINAT MASYARAKAT BERBASIS INDUSTRI KREATIF MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN BATIK TULIS
Keywords:
batik, tulis, Gladag, pelatihan, tenaga kerjaAbstract
Batik Nozzah merupakan salah satu produsen batik khas Banyuwangi yang berlokasi di Gladag, Rogojampi. Produk utamanya adalah batik cap dan tulis. Akan tetapi beliau mengalami kendala kekurangan tenaga kerja membatik tulis. Padahal di desa Gladag masih banyak ibu-ibu rumah tangga yang belum memiliki pekerjaan. Melihat potensi adanya pabrik dan tenaga kerja sehingga perlu adanya pelatihan membatik tulis. Tahapahan kegiatan yang telah dilakukan adalah, 1) pelatihan pembuatan pola dasar pada kain batik, 2) pelatihan mencanting, 3) pelatihan mewarnai kain, dan 4) penjualan melaui sosial media. Pelatihan dilakukan untuk memberikan pengalaman belajar secara nyata serta meningkatkan kemampuan masing-masing individu. Kegiatan ini difasilitasi dengan pemberian alat membatik.
References
Dahama, O.P., and O.P Bhatnagar, (1980). Education and comm unication for
development. New Delhi: Oxford & IBH Publishing CO.
Gratha, Benny. (2012). Panduan mudah belajar membatik. Jakarta: Damedia Pustaka.
Ihsaniyati, H., Wijianto, A., & Anantanyu, S. (2017). Pemberdayaan kelompok wanita
tani pada usaha batik tulis: upaya peningkatan pendapatan dan kemandirian. E-
Dimas, 08, 44-54.
Shokiya, N.N., & Wuryani, S. (2018). Pengembangan ketrampilan wirausaha siswa
melalui pelatihan membatik. Jurnal Kriya, 15, 65-72
Untari, D., & Fajariana, D. E.(2018) Strategi pemasaran melaui sosial media instagram
(studi deskriptif pada akun @subur_batik). Widya Cipta, 2, 271-278.