OPTIMASI BENTUK LAMBUNG KAPAL CEPAT PENUMPANG SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KONEKTIVITAS DAERAH TERTINGGAL DI INDONESIA TIMUR

Authors

  • Sumardiono Teknik Bangunan Kapal, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • I Putu Arta Wibawa 1Teknik Bangunan Kapal, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • M. Lukman Arif Teknik Bangunan Kapal, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Verizza Fajrin Ilahi Teknik Bangunan Kapal, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Jl. Teknik Kimia Kampus ITS Sukolilo Surabaya 60111

Keywords:

Kabupaten Mimika, kapal cepat penumpang, kecepatan, stabilitas, sudut deadrise

Abstract

Dalam upaya menuntaskan permasalahan daerah tertinggal, pemerintah Kabupaten Mimika sedang melakukan pembangunan di daerahnya. Salah satu cara yang ditempuh adalah pengalokasian dana untuk pembangunan kapal cepat penumpang sebagai moda konektivitas antar wilayah. Kapal cepat berkapasitas 22 penumpang ini memiliki panjang 12 m; lebar 2,90 m; tinggi 1,20 m dan sarat 0,60 m. Persyaratan spesifikasi performa kapal berupa kecepatan sebesar 20 knot dan kriteria stabilitas harus terpenuhi dengan ketersediaan daya mesin induk 400 HP. Optimasi bentuk lambung dilakukan melalui variasi sudut deadrise, diantaranya sudut 14o, 17 o, 20 o dan 23o . Dari analisis numerik dengan menggunakan piranti lunak Maxsurf Resistance, diperoleh kecepatan tertinggi tercapai oleh variasi desain V-23 sebesar 21.25 knot. Pada variasi desain yang sama, melalui penggunaan Maxsurf Stability, memberikan hasil stabilitas terbaik dengan prosentase margin tertinggi untuk 5 (lima) kriteria stabilitas menurut IMO-HSC yaitu sebesar 116,2%, 77,18%, 53%, 136,27% dan 549,33%. Bentuk lambung kapal cepat penumpang dengan sudut deadrise sebesar 23o merupakan desain lambung yang paling optimal untuk diterapkan pada perairan Mimika.

 

Kata kunci: Kabupaten Mimika, kapal cepat penumpang, kecepatan, stabilitas, sudut deadrise

References

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. (2020). Kondisi Wilayah Perairan Indonesia. Diambil dari https://peta-maritim.bmkg.go.id/

The Maritime Safety Comitee. (2008). International Code of Safety for High-Speed Craft 2008 Edition. London: The Maritime and Coastguard Agency.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 63. (2020). Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2020-2024. Jakarta: Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Pike, Dag. (2019). Powerboat Design and Performance: Expert insight into developments past and future. London: Bloomsbury Publishing.

Seputar Papua. (2020). Dana Desa Mimika Rp150 Miliar, Meningkat dari Tahun 2019. Diambil dari https://seputarpapua.com/

Downloads

Published

2020-11-05

How to Cite

Sumardiono, Wibawa, I. P. A., Arif, M. L., & Ilahi, V. F. (2020). OPTIMASI BENTUK LAMBUNG KAPAL CEPAT PENUMPANG SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KONEKTIVITAS DAERAH TERTINGGAL DI INDONESIA TIMUR. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(1), 38-42. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/325