UJI KINERJA POMPA SENTRIFUGAL PADA PENDINGIN KONDENSOR SISTEM ORGANIC RANKINE CYCLE SKALA LABORATORIUM

Authors

  • Tineke Saroinsong Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Manado
  • Alfred N Mekel Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Manado
  • John Mawa Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Manado
  • Stevany Suoth Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Manado

Keywords:

ORC, pompa sentrifugal, temperatur, kecepatan fluida

Abstract

Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, manusia selalu berusaha untuk menciptakan suatu sistem dengan performansi yang maksimal. Sistem Organic Rankine Cycle (ORC) ini terdiri dari empat komponen utama yaitu evaporator, turbin, kondensor dan pompa. Tujuan penelitian adalah untuk menguji kinerja pompa sentrifugal pendingin kondensor, mengetahui temperatur air pendingin pada kondensor, dan untuk mengetahui kecepatan aliran fluida nosel. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental. Data hasil penelitian dianalisa dengan mengamati secara langsung hasil eksperimen kemudian menyimpulkan dan menentukan hasil penelitian yang sudah dilaksanakan dengan tulisan, tabel dan perhitungan untuk mendapatkan persamaan data yang valid. Ada tiga hal yang di lakukan dalam penelitian ini yaitu pemilihan daya pompa, mengukur temperature air pendingin dan menghitung kecepatan aliran fluida keluar pada pompa. Dalam penelitian ini dipilih daya pompa sentrifugal sebesar 286 watt, kapasitas aliran 1,7 m3/h. Hasil pengukuran temperature air pendingin menunjukan kenaikan temperature terjadi pada menit pertama. Waktu terbaik pada pendinginan kondensor adalah setelah 3 menit di dinginkan. Karena pada menit tersebut, temperature air sudah kembali pada temperature 26 c. kecepatan aliran air keluar dari nosel (proses pendinginan) adalah 0,47 m/s.

References

Musyafa A.A dan Siregar I.H. (2015). Pengaruh Jumlah Blade Sentrifugal Impeller Terhadap Kapasitas dan Efisiensi Pompa Sentrifugal. JTM, Vol. 3.136-144.

Sularso dan Tahara. (2004). Pompa dan Kompresor . Cetakan kedelapan. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

Paul Cooper, Igor J. Karassik, Joseph P. Messina, Charles C. Heald (2001), Pump Handbook, Third Edition, McGraw-Hill Book Co, New York

Rasmini, Ni Wayan, (2017). Perencanaan Pemilihan Pompa Dan Sistem Kontrol Kerja Pompa Untuk Penyediaan Air Bersih Pada Rumah Tangga. Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika, July 2017.

Tineke Saroinsong. (2010). Mekanika Fluida. Teknik Mesin Politeknik Negeri Manado.

Wahono, Didit Setyo. (2016). Studi Numerik Pompa Sentrifugal Tipe Impeller Backward Dengan Variasi Putaran Dan Debit Pompa.Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Downloads

Published

2020-11-05

How to Cite

Saroinsong, T., Mekel, A. N., Mawa, J., & Suoth, S. (2020). UJI KINERJA POMPA SENTRIFUGAL PADA PENDINGIN KONDENSOR SISTEM ORGANIC RANKINE CYCLE SKALA LABORATORIUM. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(1), 43-48. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/326