STUDI NUMERIK LAJU EROSI PADA STATIC ORIFICE PULVERIZED BOILER MENGGUNAKAN CFD

Authors

  • Aulia Andira Falih Sistem Pembangkit Energi, PENS
  • Setyo Nugroho Sistem Pembangkit Energi, PENS
  • Arrad Ghani Safitra Sistem Pembangkit Energi, PENS

Keywords:

laju erosi, CFD, lifetime, orifice

Abstract

Pada PLTU, orifice merupakan komponen berupa plat datar dan memiliki sifat menghambat aliran fluida dengan mengurangi luasan yang dilewati fluida sehingga pembakaran di boiler menjadi stabil dan seimbang. Karena sifatnya yang menghambat fluida, menyebabkan orifice memiliki luasan mempunyai tekanan besar dan rentan akan erosi. Jika erosi terjadi terus menerus akan menyebabkan ketidakseimbangan pembakaran di boiler. Pada penelitian ini, dilakukan studi numerik untuk memprediksi laju erosi yang terjadi pada salah satu orifice pulverized boiler line A-1 PT.PJB UP Paiton. Studi numerik yang dilakukan menggunakan simulasi Computational Fluid Dynamics (CFD). Metode yang digunakan adalah pemodelan turbulensi k- Standart dengan jenis fluida berupa udara dan injeksi partikel berupa batu bara kalori menengah dengan ukuran rata-rata 200 mesh, ukuran minimal 230 mesh, dan ukuran maksimal 170 mesh. Laju injeksi batu bara pada 1 pulverizer divariasikan dengan nilai 40 ton/hr, 45 ton/hr, 50 ton/hr, dan 55 ton/hr. Hasil yang didapatkan yaitu pada operasi dengan laju batu bara yang meningkat, akan menyebabkan laju erosi juga meningkat dan lifetime atau umur orifice akan berkurang.

 

Kata Kunci: laju erosi, CFD, lifetime, orifice

References

Abhinash, K., & Kishore, P. S. (2018). performance of a Tangentially Fired Boiler in a thermal power plant, M. Tech Thesis, Andhra University.

Hermanto, D. (2014). Analisis CFD Hambatan Viskos Katamaran Tak Sejajar (Staggered) Dengan Variasi Penempatan Posisi Demihull Secara Memanjang Dan Melintang (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).

Fox, R. W., McDonald, A. T., & Pritchard, P. J. (2003). Introduction to Fluid Dynamics. Hoboken.

Kannojiya, V., Deshwal, M., & Deshwal, D. (2018). Numerical analysis of solid particle erosion in pipe elbow. Materials Today: Proceedings, 5(2), 5021-5030.

Krisnanda, L. R., Santoso, A., & Nugroho, T. F. (2020). Analisa Laju Erosi pada Elbow Pipa Karena Partikel Pasir Dalam Aliran Fluida Gas Menggunakan Simulasi CFD. Jurnal Teknik ITS, 8(2), B57-B62.

Ionescu, D. (2015). The position of the maximum erosion points in coal powder pneumatic transport installations, function of the bend radius/pipe diameter ratio. Renewable Energy & Power Quality Journal, ISSN, 2172-038.

Singh, J., Kumar, S., Singh, J. P., Kumar, P., & Mohapatra, S. K. (2019). CFD modeling of erosion wear in pipe bend for the flow of bottom ash suspension. Particulate Science and Technology, 37(3), 275-285.

Downloads

Published

2020-11-05

How to Cite

Falih, A. A., Nugroho, S., & Safitra, A. G. (2020). STUDI NUMERIK LAJU EROSI PADA STATIC ORIFICE PULVERIZED BOILER MENGGUNAKAN CFD. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(1), 49-56. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/331