MANAJEMEN ENERGI HYBRID POWER SYSTEM MENGGUNAKAN PANEL SURYA DAN TURBIN ANGIN

Authors

  • Alfrets Wauran Teknik Elektro, Politeknik Negeri Manado
  • Arnold Rondonuwu Teknik Elektro, Politeknik Negeri Manado
  • Willem Pomantow Teknik Elektro, Politeknik Negeri Manado
  • Tjerie Pangemanan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Manado
  • Ventje Lumentut Teknik Elektro, Politeknik Negeri Manado

Keywords:

Energi baru terbarukan, Hybrid Power System, Panel Surya, Turbin Angin

Abstract

Sistem Manajemen Energi merupakan salah satu kunci dari pemanfaatan energi baru terbarukan. Hal ini untuk menghitung dan mengoptimalakan penggunaan energi baru terbarukan dengan efektif.. Hybrid Power System adalah perpaduan dari dua jenis energi baru terbarukan dalam sebuah sistem. Panel Surya yang merupakan penerapan teknologi energi baru terbarukan yang bersumber dari insulasi sinar matahari. Oleh sebab itu sumber energi ini sangatlah efektif digunakan pada siang hari. Sedangkan energi turbin angin sangatlah efektif digunakan pada malam hari, dimana kecepatan angin di malam hari lebih besar daripada siang hari. Oleh sebab itu memadukan kedua jenis energi baru terbarukan tersebut merupakan kombinasi yang tepat untuk sebuah Hybrid Power System. ditersebut. Dalam penggunaannya ke masyarakat harus dilakukan analisa terlebih dahulu supaya kebutuhan masyarakat akan energi dapat terpenuhi dengan kombinasi kedua energy terbarukan tersebut. Hal ini untuk menghitung jumlah energy total  yang akan dihasilkan oleh Hybrid Power System tersebut untuk mememuhi energi yang diperlukan oleh masyarakat. Pemodelan dan simulasi dari energi yang dihasilkan merupakan tujuan dari penelitian ini. Sehingga dapat direncankan tentang penggunaan yang efektif untuk kombinasi dari kedua sumber energi tersebut dalam sebuah Sistem Manajemen Energi.

References

Arota, A.S., Kolibu, H.S., Lumi, B.M., (2016). Perancangan Sistem Pembangkit Listrik Hibrida (Energi Angin Dan Matahari) Menggunakan Hybrid Optimization Model For Electric Renewables (HOMER), JURNAL MIPA UNSRAT ONLINE 2 (2) 145-150.

Bayu, Baru. (2015). Evaluasi Dan Optimasi Sistem Off Grid Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid (Plth), TRANSIENT, VOL.4,NO. 3, September 2015, ISSN: 2302-9927, 558.

Dedisukma, Wahri Sunanda, Rika Favoria Gusa, (2015). Pemodelan Sistem Pembangkit Listrik Hybrid Diesel Generator Dan Photovoltaic Array Menggunakan Perangkat Lunak Homer, Jurnal Ecotipe, Volume 2, Nomor 2, 10 – 17.

Erick T. Abit Duka, I Nyoman Setiawan, Antonius I Weking, (2018). Perancangan Pembangkit Listrik Surya Hybrid Pada Area Parkir Gedung Dinas Cipta Karya, Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Badung, E-Journal SPEKTRUM Vol. 5, No. 2.

Hardianto, H. E., Rinaldi, R. S. , (2015). Perancangan Prototype Penjejak Cahaya Matahari Pada Aplikasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya, Program Studi Teknik Elektro,Universitas Bengkulu, Bengkulu.

Marsha Fitrantie, Wahyu Wibowo, (2016). Pemodelan Konsumsi Energi Listrik Pada Sektor Industri di Provinsi Jawa Timur Menggunakan Metode Regresi Data Panel, Jurnal Sains Dan Seni Its Vol. 5 No. 2 2337-3520.

Wijaya Widjanarka N, (2018). Pembangkit Listrik Terbarui Hybrid Convertible Tenaga Angin Matahari Untuk Lampu Penerangan Yang Tidak Terganggu Kondisi Listrik Byar-Pet Dari PLN,ISBN: 979-26-0266-6.

Downloads

Published

2020-11-05

How to Cite

Wauran, A., Rondonuwu, A., Pomantow, W., Pangemanan, T., & Lumentut, V. (2020). MANAJEMEN ENERGI HYBRID POWER SYSTEM MENGGUNAKAN PANEL SURYA DAN TURBIN ANGIN. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(1), 96-103. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/340