ANALISIS PENENTUAN SISTEM KEMUDI PADA KAPAL KARGO 14.715 DWT BERDASARKAN BKI CLASS
Keywords:
kemudi, BKI, torsi, kapal, kargoAbstract
Perencanaan Kapal Kargo sangat berperan penting bagi transportasi laut. Salah satu faktor penting dalam perencanaan kapal adalah penentuan sistem kemudi yang berfungsi sebagai alat yang menentukan kemampuan maneuver kapal dan mengarahkan kapal ke tujuan. Dalam penelitian ini, menggunakan tipe kemudi full spade karena dapat mencegah gap cavitation dan harus sesuai dengan standar minimum Biro Klasifikasi, dan harus diuji sebelum digunakan di atas kapal.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah berapa daya motor sistem kemudi pada Kapal Cargo berdasarkan BKI class Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui daya motor sistem kemudi pada kapal kargo berdasarkan BKI class. Metode penelitian analisis sistem kemudi dilakukan dengan metode studi literature yang berdasarkan BKI class 2014 volume II.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah diketahuinya luas daun kemudi sebesar 24,025 m2, torsi pada daun kemudi sebesar 197.927,02 Nm; diameter tongkat kemudi sebesar 234,27 mm; dan mesin kemudi sebesar 322,86 HP.
References
Abdurrahman, (2017). Preliminary Design Kemudi Kapal LCT 200 GT, Jurnal Inovtek Polbeng, Vol. 07, No. 1, Juni 2017.
BKI, (2014). Rules for the Classification and Construction, pasrt 1. Seagoing Ships, Volume II.
Kusumo, Setto Pramudyo, (2017). Studi Perancangan Kapal Kargo 14.715 Dwt Rute Pelayaran Tanjung Perak-Batu Ampar, Semarang.
Lamerens, (1962). Resistance, propulsion and steering of ships. Haarlem, H. Stam.
M. Khetagurov, (2004). Marine Auxiliary Machinary and system. University Press of the Pacific.