PRELIMINARY DESIGN KAPAL TANGGAP BENCANA TIPE KATAMARAN DENGAN HALUAN TIPE KAPAK

Authors

  • Ahmad Hidayat Teknik Manufaktur Kapal, Politeknik Negeri Banyuwangi, Jl. Raya Jember-Banyuwangi KM 13, Labanasem, Kabat, Banyuwangi, 68461
  • Hery Inprasetyobudi Teknik Manufaktur Kapal, Politeknik Negeri Banyuwangi, Jl. Raya Jember-Banyuwangi KM 13, Labanasem, Kabat, Banyuwangi, 68461

Keywords:

Kapal, Katamaran, Tanggap Bencana, Kepulauan, Indonesia

Abstract

Kondisi geografis, geologis, dan kondisi permukaan wilayah Indonesia yang sangat beragam tak hanya menjadikan Indonesia sebagai negara yang indah dan menarik, namun juga menjadikan Indonesia sebagai negara yang sangat rawan akan bencana, sarana transportasi tanggap bencana untuk mengevakuasi dan menyalurkan tenaga relawan serta logistik kedaerah yang terkena dampak bencana sangatlah membantu dalam mengurangi resiko menambahnya korban bencana, kapal merupakan transportasi yang cocok di negeri kepulauan ini, namun hingga saat ini Indonesia masih belum memiliki kapal khusus tanggap bencana yang dapat mengakomodir kebutuhan dan penyaluran relawan serta logistik dalam jumlah yang besar, oleh karena itu Preliminary Design Kapal Tanggap Bencana Tipe Katamaran Dengan Haluan Tipe Kapak ini diharapkan menjadi perancangan kapal yang cocok untuk wilayah Indonesia dalam mengakomodir kebutuhan bencana yang terjadi dan sebagai transportasi tanggap bencana yang dapat menampung, merawat, dan mengevakuasi korban-korban bencana. Metode penelitian ini dilakukan dengan perbandingan data dan analisa menggunakan software Maxsurf dan Hydromax untuk melihat hasil analisa stabilitas dan tahanan kapal, setelah dilakukan analisa didapatkanlah hasil uji, kapal masih memiliki stabilitas yang baik hingga sudut oleng 25o, kapal tanggap bencana ini memiliki panjang 39 meter, lebar 11.5 meter, dan sarat air 1.5 meter yang sangat cocok untuk diterapkan di Indonesia sebagai negara kepulauan.

References

Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (2014). Peralatan. penanggulangan bencana. standarisasi. pedoman (Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 17 Tahun 2009). Jakarta: Berita Negara Republik Indonesia.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (2015). Profil sumber daya kesiagapan nasional dalam penanggulangan bencana tahun 2015. Jakarta: BNPB.

Hardiansyah, Sigit Priyanto, Imam Muthohar, dan Latief Budi Suparma. (2016). Konsep pemodelan transportasi untuk evakuasi bencana. Jurnal Transportasi, 16, 231-240.

Hasrul Hadi, Sri Agustina, dan Armin Subhani. (2019). Penguatan kesiapsiagaan stakeholder dalam pengurangan risiko bencana gempabumi. Jurnal Geodika, 3, 2549-1830.

Tuasikal M. Amin dan Hamam Nurkholis. (2015). Penyuluhan rumah tahan gempa di dusun jeringan, kulon progo, yogyakarta sebagai upaya pengurangan risiko dampak gempa bumi. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 4, 2089-3086.

Watson, D. G. M. (Eds.). (1998). Practical ship design. Scotland: Elsevier.

Downloads

Published

2020-11-05

How to Cite

Hidayat, A., & Inprasetyobudi, H. (2020). PRELIMINARY DESIGN KAPAL TANGGAP BENCANA TIPE KATAMARAN DENGAN HALUAN TIPE KAPAK. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(1), 138-145. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/365