PENGUKURAN KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN DIGITAL DENGAN PENDEKATAN WEBQUAL DAN LIBQUAL

Authors

  • Siti Mukaromah Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung, Jl. Geger Kalong Hilir, Kabupaten Bandung Barat, 40599
  • Ira Siti Sarah Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung, Jl. Geger Kalong Hilir, Kabupaten Bandung Barat, 40599

Keywords:

perpustakaan digital, kualitas pelayanan, analisis faktor

Abstract

Politeknik Negeri Bandung merupakan salah satu perguruan tinggi yang memiliki layanan perpustakaan digital (digilib.polban.ac.id). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu analisis faktor dan statistik deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna perpustakaan digital Politeknik Negeri Bandung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling. Tujuan penelitian ini untuk mengukur kualitas perpustakaan digital Politeknik Negeri Bandung dengan menggunakan dua teori pendekatan yaitu webqual (kualitas website) dan libqual (kualitas perpustakan) yang nantinya akan digunakan untuk mengukur kualitas perpustakaan digital. Hasil dari analisis faktor menghasilkan tujuh faktor kualitas pelayanan perpustakaan digital diantaranya keandalan, tampilan website, informasi yang jelas, kemudahan penggunaan, ketanggapan, komunikasi, dan keamanan. Sedangkan hasil statistik deskriptif menunjukkan bahwa kualitas pelayanan perpustakaan digital Politeknik Negeri Bandung “Cukup Baik”. Faktor yang memiliki nilai rata-rata tertinggi adalah informasi yang jelas dan faktor yang memiliki nilai rata-rata terendah adalah keandalan.

References

Alfiani, A. (2016). Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Administrasi Akademik Di Subbag Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Fatmawati, E. (2013). Mata Baru Penelitian Perpustakaan Dari Servqual Ke Libqual+TM. Jakarta: CV Sagung Seto.

Nugrahaini, M., Gumay, M. G., & Kurniawati, A. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Website Library Universitas Gunadarma Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENTIKA), 286-295.

Prihastono , E. (2012). Pengukuran Kepuasan Konsumen Pada Kualitas Pelayanan Customer Service Berbasis Web. Dinamika Teknik Vol. VI No. 1, 14-24.

Sutisna, M., Prayogo, A. D., & Sarah, I. S. (2019, November). Evaluating Website Repeat Usage Using Webqual 4.0: a Guide for E-Commerce Business. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 662, No. 2, p. 022105). IOP Publishing.

Tjiptono , F., & Diana, A. (2015). Pelanggan Puas Tak Cukup (Plus Contoh Spesifik Riset Kepuasan dan Ketidakpuasan Pelanggan, Strategi Mewujudkan Kepuasan Pelanggan). Yogyakarta: ANDI.

Tukino. (2019). Analisis Kualitas Layanan Website SIKMB Menggunakan Metode Webqual 4.0 (Studi Pada BP Batam). Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer (KLIK) Volume 06 No 01, 1-15.

Downloads

Published

2020-11-05

How to Cite

Mukaromah, S., & Sarah, I. S. (2020). PENGUKURAN KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN DIGITAL DENGAN PENDEKATAN WEBQUAL DAN LIBQUAL. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(1), 293-300. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/369