SEPEDA TERAPI OTOMATIS ANAK CEREBRAL PALSY DI SLB NEGERI CILACAP BERBASIS WIRELESS

Authors

  • Rafli Krisdianto Program Studi DIII Teknik Elektronika, Politeknik Negeri Cilacap Jl. Dokter Soetomo 1, Cilacap, Jawa Tengah 53212
  • Artdhita Fajar Pratiwi Program Studi DIII Teknik Elektronika, Politeknik Negeri Cilacap Jl. Dokter Soetomo 1, Cilacap, Jawa Tengah 53212
  • Erna Alimudin Program Studi DIII Teknik Elektronika, Politeknik Negeri Cilacap Jl. Dokter Soetomo 1, Cilacap, Jawa Tengah 53212

Keywords:

Assembling Method, Cerebral Palsy Spastic Diplegia, motorik kaki, Sistem Gerak, Terapi.

Abstract

Individu Cerebral Palsy membutuhkan salah satu kegiatan terapi yaitu bersepeda. Terapi ini membutuhkan bantuan untuk menggerakkan ayuhan sepeda. Oleh karena itu, diajukan alat bantu sepeda terapi otomatis anak Cerebral Palsy Spastic Diplegia yang berkontribusi untuk memudahkan individu yang mengalami gangguan sistem gerak pada otot kakinya. Metode yang digunakan yaitu Assembling Method yang merupakan proses penggabungan beberapa komponen untuk membentuk suatu konstruksi. Hasil dari pembuatan alat adalah individu Cerebral Palsy Spastic Diplegia dapat melakukan terapi menggunakan sepeda terapi otomatis dengan mengikuti arah putaran ayuhan sepeda dengan mengetahui kecepatan ayuhan sepeda, sisa waktu, dan jumlah ayuhan selama melakukan terapi. Pada penelitian yang akan datang perlu dikembangkan algoritma pendeteksian sendi otot kaki agar dapat mengetahui perkembangan pada motorik kaki individu Cerebral Palsy Spastic Diplegia.

References

Aisyah, Sarah Andriani. (2017). Penanganan Anak Cerebral Palsy Melalui Permainan Bowling Di Paud Inklusi Saymara Kartasura Tahun Ajran 2016/2017.

Al-Kharimah, N. F. (2018). Subjective Well-Being Pada Penyandang Tuna Daksa. Jurnal Psikosains Vol. 13 No. 1, 57-64.

Hermanto, SP. (2016). Modifikasi Model Pembelajaran Bagi Anak Cerebral Palsy (Suatu Tantangan Kreativitas Guru).” Majalah Ilmiah Pembelajaran2(2):185–95.

Iskandriawan, Bambang; Kuswanto, Djoko; & Sudjito, Elli Fitriana. 2018. Bicycle Design for Children with Spastic Cerebral Palsy to Enhance Interaction Between Children and Parents. Institut Teknologi Sepuluh November.

Iskandriawan, B., Jatmiko, Windharto, A., & Krisbianto, AD. (2018). Main Bingkai Struktur Eksplorasi Sliding Tandem sepeda sebagai Upaya Meningkatkan Fitur Produk. Jurnal Teknik dan Sains Terapan.

Maher, CA. (2015). Aktivitas fisik Memprediksi Kualitas Hidup dan Kebahagiaan pada Anak dan Remaja dengan Cerebral Palsy. Kecacatan dan Rehabilitasi, Kecacatan dan Rehabilitasi, Kecacatan dan Rehabilitasi, 2.

Mohamad Y.E, & Joni E.C. (2019). Implementasi IoT Pada Sistem Kendali Lampu Rumah Telegram Messenger Bot Dan Nodemcu Esp8266. Volume 19 Issue 1 Version 1.0 Year 2019.

Mulyani, Wiwit. (2018). Peran Aktivitas Bermain Ular-Naga Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Di TK Melati Rejosari Mataram Lampung Tengah.

Rahma, FA, & Kuswanto, D. (2017). Studi Pengaruh Desain Peralatan Postural pada Efisiensi aktifitas Dan Kestabilan Postur pada Anak dengan Cerebral Palsy. Jurnal Sains dan Seni ITS Vol. 6, 2.

Ramdhani, Rohmayanti. (2017). Otomatisasi Penghitung Jumlah Barang Secara Random Dengan Sensor Ultrasonik HC-SR04 Berbasis Mikrokontroller Arduino Uno. Volume 7,No.1 September 2017 ISSN:2407-3903.

Downloads

Published

2020-11-05

How to Cite

Krisdianto, R., Pratiwi, A. F., & Alimudin, E. (2020). SEPEDA TERAPI OTOMATIS ANAK CEREBRAL PALSY DI SLB NEGERI CILACAP BERBASIS WIRELESS. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(1), 268-276. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/372