RANCANG BANGUN UNMANNED SURFACE VEHICLE BERBASIS ADAPTIVE MORPHOLOGY DI AIR DAN DARAT
Keywords:
Adaptive morphology, unmanned surface vehicle, mobile robotAbstract
Pada umumnya, robot digunakan untuk membantu tugas manusia salah satunya yaitu menyelesaikan suatu misi di suatu lingkungan dengan satu jenis pergerakan, contohnya: bergulir, berjalan, terbang, berenang, dan melompat. Permasalahan yang muncul adalah bagaimana suatu robot dapat melintasi 2 lingkungan yang berbeda?. Hal ini memunculkan gagasan dan ide dalam menambahkan mekanisme pergerakan pada robot. Untuk menyelesaikan masalah tersebut diperkenalkan sebuah konsep, yaitu adaptive morphology. Beberapa penelitian sebelumnya telah mengembangkan konsep adaptive morphology pada robot terbang sebagai wahana darat dan udara. Pada penelitian ini dibuat sebuah unmanned surface vehicle (USV) berbasis adaptive morphology. Adaptive morphology merupakan sebuah metode dimana ada struktur bagian robot yang memiliki beberapa fungsi. Salah satu fungsinya adalah untuk melakukan lebih dari satu macam pergerakan pada lingkungan yang berbeda. Robot memiliki kemampuan bergerak di permukaan air dan darat hanya dengan satu penggerak. Untuk memenuhi tujuan multi-modal locomotion, robot di disain dengan menggabungkan sistem unmanned surface vehicle (USV) dan sistem mobile robot. Robot USV memiliki 4 roda yang di disain dengan mekanisme rowing wheel. Robot dikendalikan secara semi-otomatis menggunakan remote control. Hasil yang didapat adalah robot USV dapat berjalan pada 2 lingkungan berbeda yaitu di permukaan air dan darat dengan disain dari roda.
References
S. Tadokoro, (2009). Rescue Robotics, DDT Project on Robots and Systems for Urban Search and Rescue, Springer.
Ru-jian Y, Shuo P, Han-bing S, Yong-jie P. 2010. Development and Mission of Unmanned Surface Vehicle. Journal of Marine Science Applied. 9:451457.doi:10.1007/s11804-010-1033-2.
R. Murphy, J. Casper, J. Hyams, M. Micire, B. Minten, (2000). “Mobility and Sensing Demand in USAR”, Proceedings of IEEE International Conference on Industrial Electronics, Control, and Instrumentation.
Kuswadi, S., Tamara, M. N., Sahanas, D. A., Islami, G. I., & Nugroho, S. (2016, November). Adaptive morphology-based design of multi-locomotion flying and crawling robot “PENS-FlyCrawl”. In Knowledge Creation and Intelligent Computing (KCIC), International Conference on (pp. 80-87). IEEE.
Z. Lu, T. Aoyama, K. Sekiyama, Y. Hasegawa and T. Fukuda, (2014, October). “Motion transfer control from walking to brachiation through vertical ladder climbing for a multi-locomotion robot”, IEEE/ASME Trans. On Mechatronics, Vol. 19, No 5, pp 1681-1693
Manley JE. 2008. Unmanned Surface Vehicles, 15 Years of Development. OCEANS 2008; 2008 Sept 15-18; Quebec City, Canada. Quebec City (CA): IEEE. hlm 1-4.