ANALISIS PERBEDAAN RASIO PROFITABILITAS SEBELUM DAN SESUDAH SERTIFIKASI ISO 9001 ( STUDI PADA PT WATER TREATMENT )

Authors

  • Apni Nuraida Politeknik Negeri Jakarta
  • Tuti Hartati
  • Nadia Sofa

Keywords:

Gross Profit Margin, Net Profit Margin, Return On Equity, Return On Investment

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada PT Water Treatment, yaitu merupakan salah satu perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang manajemen pengolahan air bersih yang merupakan perseroan terbatas yang didirikan di Indonesia dalam kerangka undang-undang investasi modal asing. PT Water Treatment telah menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001 sejak tahun 2014.  Hasil penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan rasio profitabilitas dengan indikator yang digunakan yaitu Gross Profit Margin, Net Profit Margin, Return On Equity, Return On Investment sebelum dan sesudah sertifiksi ISO 9001 pada PT Water Treatment. Metode analisis yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah Metode Analisis Deskriptif dengan penndekatan Kuantitatif dengan menggunakan Uji Paired T-Test dengan bantuan program aplikasi SPSS versi 22. Dengan menganalisis laporan keuangan lima tahun sebelum dan sesudah sertifikasi ISO 9001. Berdasarkan data penelitian yaitu laporan keuangan lima tahun sebelum dan sesudah mendapat sertifikasi ISO 9001 dengan hasil analisis menunjukan dengan indikator Net Pofit Margin sebesar 0.501, Return On Equity sebesar 0.708, Return On Invesment sebesar 0.4, Gross Profit Margin sebesar 0.203 seluruh hasil > 0.05. Sehingga hasil penelitian menyatakan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan pada rasio profitabilitas sebelum dan sesudah sertifikasi ISO 9001 pada PT Water Treatment. Sehingga harus adanya evaluasi pada perusahaan.

References

Nasution. (2005). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Edisi ke 2. Jakarta: Aggota IKPI, Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Witara, Ketut. (2018). Cara Singkat memahami sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 dan implementasinya. Jakarta: Jejak Publisher.

Downloads

Published

2020-11-01

How to Cite

Nuraida, A., Hartati, T., & Sofa, N. (2020). ANALISIS PERBEDAAN RASIO PROFITABILITAS SEBELUM DAN SESUDAH SERTIFIKASI ISO 9001 ( STUDI PADA PT WATER TREATMENT ). Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(2), 43-49. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/413