PEMBANGUNAN KLASTER PEMETAAN EKONOMI KREATIF BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

Authors

  • Hetty Meileni Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Sony Oktapriandi
  • Desi Apriyanti

Keywords:

ekonomi kreatif, pemetaan, desktop, sistem informasi geografis

Abstract

Industri kreatif adalah bagian tak terpisahkan dari ekonomi kreatif. Industrialisasi telah menciptakan pola kerja, pola produksi dan pola distribusi yang lebih murah dan lebih efisien. Ekonomi kreatif sebenarnya adalah wujud dari upaya mencari pembangunan yang berkelanjutan melalui ide, talenta dan kreativitas. Perkembangan Ekonomi kreatif di Provinsi Sumatera Selatan berkembang pesat hal ini di buktikan dengan terpilihnya Kota Palembang sebagai salah satu predikat kota ekonomi kreatif 2019. Untuk memetakan ekonomi kreatif di Provinsi Sumatera Selatan perlu dibuat Klaster Pemetaan berbasis desktop Sistem Informasi Geografis . Penerapan Metode clustering pada pemetaan ekonomi kreatif dapat menjadi salah satu pengambilan kebijakan untuk kemajuan ekonomi kreatif di Provinsi Sumatera Selatam. Penelitian ini menghasilkan pemetaan ekonomi kreatif berbasis sistem infromasi geografis berdasarkan jenis kategori ekonomi kreatif yang ada.

References

Badrudin, Rudy. (2012). Model Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menegah Dengan One Village One Producs Untuk mengurangi Kemiskinan. Prosiding Seminar Nasional Dan Callfor Paper Pengentasan Kemiskinan Melalui Umkm: Komparasi Model Indonesia Dan Malaysia Yogyakarta, 5 Desember 2012

Dina & Deni. (2017). Pemetaan industri kreatif dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi kawasan urban di kota palembang: Prosiding Seminar Nasional & Call Paper, Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Maranatha.

Eko Budi Setiawan (2016). Sistem Informasi Geografiss untuk Pemetaan Potensi Usaha Industri Kreatif. Jurnal CoreIT, Vol.2, No..1, Juni 2016. ISSN:2460-738X(Cetak).

Sunaryanto, Lasmono T. (2010). Kajian Strategi Pengembangan Klaster Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berbasis Teknologi Informasi (TI), Hibah Kompetensi, UKSW-DIKTI.

Downloads

Published

2020-11-01

How to Cite

Meileni, H., Oktapriandi, S., & Apriyanti, D. (2020). PEMBANGUNAN KLASTER PEMETAAN EKONOMI KREATIF BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(2), 57-62. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/417