STRATEGI PEMBERDAYAAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DI KABUPATEN KARANGASEM

Authors

  • I Wayan Sukarta Politeknik Negeri Bali
  • I Wayan Wirga
  • I Ketut Pasek
  • Ida Bagus Sanjaya
  • I Putu Yoga Laksana

Keywords:

SWOT Analisis, Pemberdayaan BUMDES

Abstract

Era reformasi tahun 1998 mempunyai pengaruh besar dan mendasar terhadap tata kelola pemerintahan di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari perubahan paradigma penyelenggaraan pemerintahan dari semula sentralistik menjadi desentralistik, yang diwujudkan dengan diberlakukannya UU No. 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah dan UU No. 25 Tahun 1999 tentang Perimbangan Keuangan Antara Pusat dengan Daerah. Ketegasan pemerintah pusat tentang pembangunan desa ini dapat dilihat dengan lahirnya UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa yang memberikan ruang kepada Desa untuk membangun Desa. Penelitian ini adalah merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bersifat eksploratif dimana pengumpulan data pokok menggunakan methoda kuesioner dan wawancara. Selanjutnya methoda penentuan sampel menggunakan purvosive sampling, dengan teknik analisis SWOT. Hasil analisis dapat dijelaskan bahwa posisi BUMDES ada di kwadran IV yang artinya bahwa BUMDES di Kabupaten Karangasem memiliki faktor kekuatan internal yang kuat dengan skor 3,128 ( di atas baik ) serta nilai faktor eksternal  sebesar 2, 891 (sedang).  Berdasarkan posisi tersebut dapat ditentukan bahwa posisi BUMDES di Kabupaten Karangasem adalah berada pada posisi pertumbuhan dan membangun (grow and built), sehingga strategi yang cocok diterapkan adalah Strategi Strenghts  Opportunities (SO) dengan memaksimalkan kekuatan internal yang dimiliki dan memanfaatkan peluang eksternal   yang ada. 

References

Freddy Rangkuti. (2018). Teknik Membedah Kasus Bisnis, ANALISIS SWOT, Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Freddy Rangkuti. (2018). SWOT Balanced Scorrcard, Teknik Menyusun Strategi Korporat Yang Efektif Plus Cara Mengelola Kinerja dan Resiko. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Hitt, Michael. A. dkk. (2001). Manajemen Strategis Daya Saing dan Globalisasi, Cetekan 2, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Joan Margarita and Michael Porter. (2014). Strategic And Compertition, New York, The Free Pass

Singarimbun Masri, Effendi. (2015). Metode Penelitian Survai, Penerbit Alpha Beta, Bandung.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Bisnis, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Undang Undang Nomor 22 Tahun 1999 Tentang Pemerintahan Daerah

Undang Undang Nomor 25 Tahun 1999 Tentang Perimbangan Keuangan Antara Pusat Dengan Daerah.

Undang Undang Nomor 32 Tentang 2004 Tentang Pemerintahan Daerah

Undang Undang Nomor 06 Tahun 2014 Tentang Desa

Undang Undang Nomor 04 Tahun 2015 Tentang Peraturan Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi.

Downloads

Published

2020-11-01

How to Cite

Sukarta, . . I. W., Wirga, I. W., Pasek, I. K., Sanjaya, I. B., & Yoga Laksana, I. P. (2020). STRATEGI PEMBERDAYAAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DI KABUPATEN KARANGASEM. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(2), 63-71. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/418