ANALISIS RASIO AKTIVITAS PADA KPN TUTWURI HANDAYANI KECAMATAN BELITANG OKU TIMUR

Authors

  • Refani Az Zahra Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Marieska Lupikawaty
  • Desloehal Djumrianti

Keywords:

Kinerja Keuangan, Koperasi, Rasio Aktivitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja keuangan pada Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Tutwuri Handayani (Tuwuh) Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur Sumatera Selatan dari tahun 2014 sampai tahun 2018. Berdasarkan analisis rasio keuangan yang didasari Peraturan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia No. 06/Per/M.KUKM/V/2006 maka kinerja dari rasio aktivitas koperasi dikategorikan masih kurang baik. Hasil analisis pada rasio aktivitas menunjukan transaksi usaha koperasi terhadap usaha anggota dikategorikan cukup baik, sedangkan perputaran piutang dan asset turn over dikategorikan tidak baik. Secara keseluruhan Kinerja Keuangan Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Tutwuri Handayani (Tuwuh) untuk jangka pendek belum optimal disebabkan SHU yang dihasilkan oleh unit waserda tidak mengalami peningkatan, lambatnya perputaran piutang, dan kurangnya transaksi anggota terhadap koperasi. Maka dari itu, koperasi ini perlu meningkatkan pendapatan setiap tahunnya, memperhatikan perputaran piutang agar lebih maksimal, menggunakan aset seoptimal mungkin dan melakukan perubahan manajemen dengan menyusun kembali struktur organisasi agar sesuai dengan bagian/fungsi, kewenangan, tugas, dan tanggung jawab.

References

Fahmi, I. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Ke-2. Bandung: Alfabeta.

Kasmir. (2014). Analisis Laporan Keuangan, Edisi Pertama, Cetakan Ketujuh. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Peraturan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor 06/Per/M.KUKM/V/2006

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, A. (2017). Analisa Kinerja Keuangan pada Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Swakerta pada Dinas Koperasi UMKM Provinsi Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari. Jambi. Vol. 17. No. 3. pp 27-37.

Sutrisno. (2009). Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi, Edisi Pertama, Cetakan Ketujuh, Penerbit Ekonisia, Yogyakarta.

Undang-Undang Nomor 17 tahun 2012 Pasal 4 tentang Pengkoperasian.

Warda, dkk. (2017). Analisis Kinerja Keuangan Koperasi pada Koperasi Serba Usaha (KSU) Rejosari Kelurahan Rejosari Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Universitas Riau. Riau. pp 1-15.

Downloads

Published

2020-11-01

How to Cite

Az Zahra, R., Lupikawaty, M., & Djumrianti, D. (2020). ANALISIS RASIO AKTIVITAS PADA KPN TUTWURI HANDAYANI KECAMATAN BELITANG OKU TIMUR . Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(2), 81-88. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/422