FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG KEPUTUSAN INVESTASI SAHAM DI MASA PANDEMIC

Authors

  • Febri Adi Sri Rezeki Universitas Pembangunan Jaya
  • Endang Pitaloka

Keywords:

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), Keputusan Investasi, Pandemik Covid-19

Abstract

Pandemik sangat berdampak bagi pasar modal yang ada di Indonesia. Selama pandemic Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terus berfluktuasi dan cenderung menurun setiap harinya. Ketidakpastian pasar menjadikan investor lebih berhati-hati dalam berinvestasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor apa saja yang mendorong keputusan investasi pada investor. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, peneliti menggunakan metode survey dengan kuesioner sebagai instrument penelitian. Skala yang digunakan dalam kuesioner adalah skala Likert dengan 5 skala. Kuesioner disebarkan secara online. Responden dalam penelitian in adalah para investor yang memiliki Rekening Dana Nasabah dan pernah melakukan transaksi di Bursa Efek Indonesia sejak Desember 2010 hingga saat ini. Terdapat 63 responden yang sesuai kriteria tersebut. Data kemudian diuji validitas dan reliabilitasnya kemudian diolah dan dianalisis dengan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan skor rata-rata tertinggi, terdapat tiga faktor yang paling menentukan investor dalam berinvestasi. Faktor-faktor tersebut adalah: 1) pengetahuan pasar modal, 2) fluktuasi harga saham, 3 persepsi risiko.

References

Darmawan, T., Nurwahidin, & Anwar, S. (2019). analisis faktor-faktor yang memengaruhi keputusan investassi di pasar modal syariah. jurnal middle east and islamic studies, 6(2), 192-215.

Djabir, M., & Mustafa, M. (2019). Kajian atass keputusan mahasiswa untuk berinvestasi saham di bursa efek indonesia melalui galeri investasi di kota makasar. Jurnal Mirai Management, 296-308.

Muklis, F. (2016). perkembangan dan tantangan pasar modal indonesia. jurnal lembaga keuangan dan perbankan, 1(1), 65-77.

Priscilla, w., & s, s. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Investasi Pada Perusahaan Infrastruktur, Utilitas Dan Transportasi . jurnal multiparadigma akuntansi, 580-588.

Siringoringo, E. D. (2019). analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan investasi pada perusahaan farmasi yang terdaftar di bursa efek indonesia. jamin, 1(1), 8-22.

Tanusdjaja, H. (2018). keputusan investasi investor individu berdasarkan kompetensi, overconfidance dan pendidikan. jurnal muara ilmu ekonomi dan bisnis, 2(1), 234-244.

Wirianto, p., & Salim, S. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Investasi Pada Perusahaan Infrastruktur, Utilitas Dan Transportasi. jurnal multiparadigma akuntansi, 1(3), 580-588.

Downloads

Published

2020-11-01

How to Cite

Adi Sri Rezeki, F., & Pitaloka, E. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG KEPUTUSAN INVESTASI SAHAM DI MASA PANDEMIC. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(2), 131-138. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/431