STRATEGI USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) BERTAHAN PADA KONDISI PANDEMIK COVID 19 DI INDONESIA

Authors

  • Gregorius Rio Alfrian Universitas Pembangunan Jaya
  • Endang Pitaloka

Keywords:

UMKM, Digital Marketing, COVID-19, Strategi Bertahan, Pemasaran

Abstract

Pandemi COVID-19 berdampak pada perekonomian Indonesia. Penurunan kinerja ekonomi tidak hanya dirasakan perusahaan besar multi nasional, maupun nasional tetapi juga dirasakan oleh pelaku UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi bertahan UMKM khususnya di masa pandemik.  Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur. Peneliti mengkaji berbagai hasil studi empiris khususnya jurnal imiah yang berkaitan dengan strategi UMKM. Peneliti kemudian membandingkan hasil penelitian dari berbagai jurnal tersebeut dan mengambil intisari dari hasil penelitain tersebut. Berdasarkan hasil studi literatur,   terdapat empat strategi bertahan untuk UMKM yaitu, 1) melakukan pemasaran dengan digital marketing, 2) memperkuat SDM, 3) melakuan inovasi kreatif dan 4) peningkatan pelayanan kepada konsumen. Dengan strategi-staregi tersebut diharapakan UMKM di Indonesia dapat bertahan dan selamat dari kondisi krisis akibat pandemik COVID-19.

References

Aramia Fahriyah, R. Y. (2020). Keunggulan Kompetitif Spesial sebagai Strategi Keberlanjutan UKM di Era New Normal . Prosiding Seminar Stiami , 104-110.

Fitriyani, I., Sudiyarti, N., & Fietroh, M. N. (2020). Strategi Manajemen Bisnis Pasca Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Social and Humanities, 87-95.

Hardilawati, W. L. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19 . Jurnal Akuntansi & Ekonomika, 90-98.

Husni Awali1, F. R. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan UMKM Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19 . Junal Ekonomi dan Bisnis Islam, 1-14.

Marlinah, L. (2020). Peluang dan Tantangan UMKM Dalam Upaya Memperkuat Perekonomian Nasional Tahun 2020 Ditengah Pandemi Covid 19 . Jurnal Ekonomi, 118-124.

Narto, G. B. (2020). Penguatan Strategi Pemasaran Pudak Di Tengah Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Gresik . Jurnal INTECH Teknik Industri , 48-54.

Pakpahan, A. K. (2020). COVID-19 dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Rudi Masniadi, M. A. (2020). Telaah Kritis Ketahanan Pangan Kabupaten Sumbawa Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 . Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities, 109-120.

Shofiana, A. (2020). Implementasi Program Afiliasi Berbasis Virtual Team Dalam UMKM Sebagai Upaya Peningkatan Perekonomian Pada Masa Pandemi Covid-19 . 1-10.

Soetjipto, N. (2020). ketahanan UMKM Jawa Timur melintasi Pandemi COVID-19. Yogyakarta: K-media.

Downloads

Published

2020-11-01

How to Cite

Rio Alfrian, G., & Pitaloka, E. (2020). STRATEGI USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) BERTAHAN PADA KONDISI PANDEMIK COVID 19 DI INDONESIA. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(2), 139-146. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/434