ANALISIS PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI DAN PERCEIVED USEFULNESS TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA

Authors

  • Syarif Mumtaza Fahmi Politeknik Negeri Semarang
  • Jumi
  • M. Nahar

Keywords:

Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Perceived Usefulness, Kepuasan Pengguna

Abstract

Pengguna sistem PT Samudera Indonesia terdiri dari pengguna internal dan pengguna eksternal.Ketika pengguna mendapatkan informasi dengan mudah dan berkualitas dari system, maka akan menimbulkan kepuasan.Namun, dalam implementasinya masih ada pengguna sistem yang tidak puas dengan kinerja sistem yang telah dikembangkan atau telah ditentukan oleh perusahaan, sehingga menimbulkan keluhan dan kerugian karena sistem tersebut dapat menghambat operasi perusahaan dalam penanganan ekspor dan mengimpor dokumen.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi, dan perceived usefulnessterhadap kepuasan pengguna sistem di PT Samudera Indonesia Cabang Semarang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder berupa: kuesioner, profil perusahaan, daftar karyawan.Metode pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada karyawan PT Samudera Indonesia Cabang Semarang.Responden yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 39 orang dan dipilih dengan menggunakan metode Purposive Sampling. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas sistem dan kualitas informasi di PT Samudera Indonesia Cabang Semarang mempengaruhi kepuasan pengguna, sedangkan Perceived Usefulness tidak mempengaruhi kepuasan pengguna.

References

Ahmad, B. S. (2014). Pengaruh Persepsi Manfaat Persepsi Kemudahan Keamanandan Ketersediaan Fitur Terhadap Minat Ulang Nasabah dalam Menggunakan Internet Banking Studi pada Program Layanan I-Banking BRI. Jurnal Studi Manajemen, Vol.8, No. 1.

Budhiartha, i., k. & Rukmiyati, N., M., S. (2016). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi dan Perceived Usefulness Pada Kepuasan Pengguna Akhir Software Akuntansi (Studi Empiris Pada Hotel Berbintang Di Provinsi Bali). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana 5.1, 115-142.

Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi.

Hartono, A., Permatasari, N., Ulfah, I. F., & Sugianto, L. O. (2019). Integration of Information System Success Models to Explain End User Satisfaction of Debtor Information Systems. AFRE Accounting and Financial Review, 2(1): 32-41, 2019, 33.

Kartika, N. D., Anton, & Adnanti, W. A. (2016). Analisis Kualitas Sistem Informasi, Perceived Usefulness dan Kualitas Informasi terhadap Kepuasan End User Software Akutansi. Simposium Nasional Akuntansi XIX, 1-21.

Mayasari, Feronica, Elisabeth Penti Kurniawati, dan Paskah Ika Nugroho. 2011. Anteseden dan Konsekuen Sikap Nasabah dalam Menggunakan Internet Banking dengan Menggunakan Kerangka Technology Acceptance Model (TAM). Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2011 (Semantik 2011).

Risdiyanto, A. (2015). Pengaruhkualitas Informasi, Kualitas Sistem, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Pada Sistem Informasi Klinik. Eprints UNY.

Suartana, N. L. (2014). Analisis Technology Acceptance Model (TAM) terhadap Penggunaan Sistem Informasi di Nusa Dua Beach Hotel dan Spa. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Utama, S. C., Purnomosidhi, B., & Andayani, W. (2017). Peran Mediasi Kegunaan Persepsian Pada Kepuasan Pengguna Sistem. Jurnal Economia, Volume 13, Nomor 2, 142.

Tulodo, A. B., & Solichin, A. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi Dan Perceived Usefulness Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Care Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Karyawan. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI). Vol 10, No. 1.

Downloads

Published

2020-11-01

How to Cite

Mumtaza Fahmi, S., Jumi, & M. Nahar. (2020). ANALISIS PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI DAN PERCEIVED USEFULNESS TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(2), 173-180. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/442