PENGARUH GAJI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION DI CAFÉ SESEPUH KOPI WILAYAH JAKARTA SELATAN

Authors

  • Astrid Yulianti Politeknik Negeri Jakarta
  • Syamsu Rizal
  • Ni Made Widhi

Keywords:

Turnover Intention, Gaji, Disiplin Kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaji dan disiplin kerja terhadap turnover intention di Café Sesepuh Kopi Wilayah Jakarta Selatan. Selain itu, penelitian diharapkan menjadi bahan pertimbangan bagi  pimpinan café dalam memperhatikan gaji karyawan serta disiplin kerja karyawan. Dengan demikian, keinginan turnover intention karyawan di café dapat diminimalisir. Metode penelitian yang digunakan penelitian ini termasuk  penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan  kuantitatif. Penelitian ini memakai dengan menggunakan teknik pengambilan sample jenuh. Jumlah sample yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 30 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: penelitian ini memenuhi syarat distribusi normal, dimana nilai sig 0,200 > 0,05 maka data berdistribusi normal. Persamaan regresi linear berganda pada penelitian ini adalah Y' = 83,138 - 0,264 X1 - 0,325 X2 + e nilai konstanta sebesar 83,138 variabel turnover intention (Y) tidak dipengaruhi oleh kedua variabel gaji (X1) dan variabel disiplin kerja (X2). Berdasarkan hasil korelasi secara parsial variabel gaji (X1) memberikan pengaruh terhadap turnover intention (Y) sebesar 42,51%, sedangkan variabel disiplin kerja (X2) memberikan pengaruh terhadap turnover intention (Y) sebesar 33,52%. Berdasarkan hasil analisis koefisien determinasi (R2) diperoleh sebesar 58,3% keinginan turnover intention dipengaruhi oleh gaji dan disiplin kerja sedangkan sisanya 41,7% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak dibahas pada penelitian ini.

References

Efferin, & et. al. (2008). Metode Penelitian Akuntansi: Mengungkap Fenomena Dengan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program (IBM SPSS) Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Husein, U. (2011). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi 11. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kuncoro, Mudrajad. 2018. Metode Kuantitatif Teori dan Aplikasi Untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Priyatno, Duwi. (2012). Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Yogyakarta: Andi Offset

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Trihendradi, C. 2012. Step by Step SPSS 20 Analisis Data Statistik. Yogyakarta: ANDI.

Downloads

Published

2020-11-01

How to Cite

Yulianti, A., Rizal, S., & Widhi, N. M. (2020). PENGARUH GAJI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION DI CAFÉ SESEPUH KOPI WILAYAH JAKARTA SELATAN . Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(2), 189-195. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/446