PENGARUH FITUR LAYANAN DAN IKLAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP SIKAP KONSUMEN (STUDI KASUS PADA TRANSAKSI OFFLINE STORE MELALUI APLIKASI DANA OLEH PENGUNJUNG MALL MARGO CITY)

Authors

  • Aisyah Febriani Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

Fitur Layanan, Iklan Media Sosial, Sikap Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fitur layanan dan iklan media social instagram terhadap sikap konsumen melakukan transaksi offline store melalui aplikasi Dana. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian deskriptif dengan pendekatan jenis kuantitatif. Pengumpulan data terhadap 100 sampel dengan menggunakan teknik sampel incidental dari pengunjung Mall Margo City melalui penyebaran kuesioner. Model persamaan regresi Y = 6,049 + 0,497 X1 + 0,242 X2 + e sudah layak untuk di gunakan. Berdasarkan hasil analisis koefisien determinasi (R2) sebesar 74,4% sikap konsumen dipengaruhi oleh fitur layanan dan iklan media sosial dan sisanya sebesar 25,6% dipengaruhi faktor lain. Hasil penelitian variabel independen fitur layanan (X1) diperoleh t hitung = 6,328 > t tabel = 1,664 dengan nilai signifikan sebesar  0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan berpengaruh terhadap sikap konsumen (Y). Untuk variabel iklan media sosial (X2) diperoleh t hitung = 5,099 > t tabel = 1,664. dengan nilai signifikan sebesar  0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan berpengaruh terhadap sikap konsumen (Y). Hasil uji F menunjukan bahwa F hitung 140,598 > F tabel 3,09, sedangkan signifikansi adalah 0.000 < 0.05 yang berarti variabel independen (fitur layanan adan iklan media sosial) secara bersama-sama atau simultan mempengaruhi variabel dependen (sikap konsumen) secara positif dan signifikan.

References

Frendy. (2011). Metode Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Gunawan. (2019). Mencari Peluang Industri 4.0 Untuk Melalui Era Disrupsi 4.0. Depok: Masmalah Media Mandiri

Kotler and Keller (2016). Marketing Management, 15th Edition. Pearson Education,Inc.

Permatasari, A. (2016). Pengaruh Persepsi Konsumen Pada Promosi Penjualan Terhadap Kecenderungan Perilaku Pembelian Tidak Terencana. Universitas Sanata Dharma

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2020-11-01

How to Cite

Febriani, A. (2020). PENGARUH FITUR LAYANAN DAN IKLAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP SIKAP KONSUMEN (STUDI KASUS PADA TRANSAKSI OFFLINE STORE MELALUI APLIKASI DANA OLEH PENGUNJUNG MALL MARGO CITY). Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(2), 223-230. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/459