PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN NAGA SWALAYAN JATIASIH BEKASI

Authors

  • Baina Alifia Politeknik Negeri Jakarta
  • Kadunci
  • Nadia Sofa

Keywords:

Store atmosphere, Harga, Minat Beli

Abstract

Penelitian ini berlatarkan adanya persaingan usaha khususnya ritel yang semakin tinggi, sehingga setiap bisnis ritel perlu memaksimalkan kekuatan yang ada dalam perusahaanya dengan cara memunculkan ciri khas atau perbedaan yang tidak dimiliki oleh bisnis ritel lainya. Peritel dituntut untuk selalu melakukan inovasi agar minat beli konsumen selalu terjaga dan terus meningkat diantaranya dengan memperhatikan suasana toko dan strategi harga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh store atmosphere dan harga terhadap minat beli pada konsumen Naga Swalayan Jatiasih. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen Naga Swalayan Jatiasih. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden yang ditentukan dengan teknik nonprobability sampling. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan penyebaran kuesioner dan studi literatur. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis uji instrumen, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (a) store atmosphere berpengaruh secara signifikan sebesar 37,95 % terhadap minat beli konsumen, (b) harga berpengaruh secara signifikan sebesar 43,95% terhadap minat beli konsumen, (c) store atmosphere dan harga berpengaruh secara signifikan sebesar 50,5% terhadap minat beli konsumen, (d) koefisien determinasi sebesar 0,505. Hal ini berarti variabel dependen dipengaruhi oleh variabel independen sebesar 50,5% dan 49,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel yang digunakan dalam penelitian ini seperti lokasi, promosi, dan orang atau sumber daya manusia.

References

Fikasari. 2018. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Motivasi Konsumen Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Honda Studi Kasus Pada Konsumen CV. Surya Motor Sragen”. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri, Surakarta.Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Kotler, Philip dan G. Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Terjemahan oleh Bob Sabran dari Principles of Marketing. Jakarta: Erlangga.

Riduwan, 2014. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis.Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Supriadi. 2018. Konsep Harga Dalam Ekonomi Islam. Bogor: Guepedia Publisher.

Utami, W. Christina. 2010. Manajemen Ritel. Jakarta: Salemba Empat.

Kata Data. (2019). “Retail Minimarket Masih Tumbuh 1000 Gerai Tiap Tahun.” (http://www.katadata.co.id diakses Maret 2020).

Downloads

Published

2020-11-01

How to Cite

Alifia, B., Kadunci, & Sofa, N. (2020). PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN NAGA SWALAYAN JATIASIH BEKASI. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(2), 231-238. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/460