PENGARUH KREDIBILITAS PERUSAHAAN TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN PADA PENGGUNAAN APLIKASI KESEHATAN HALODOC

Authors

  • Dea Imarotunnisa Oktavia Politeknik Negeri Jakarta
  • Fortuna Zain Hamid
  • Ni Made Widhi S

Keywords:

Kredibilitas Sumber, Kredibilitas Perusahaan, Kepercayaan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa apakah terdapat pengaruh Kredibilitas Perusahaan terhadap Kepercayaan Konsumen dan seberapa besarkah pengaruhnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survei yang merupakan salah satu bagian dari pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder. Metode analisis data menggunakan analisis uji instrumen, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Populasi dalam penelitian ini tidak diketahui dengan pasti jumlahnya atau populasi infinit. Sampel yang didapatkan menggunakan rumus Unknown Population sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Penelitian ini memenuhi syarat distribusi normal, yaitu 0,200 > 0,05 dan hasil penelitian ini diketahui bahwa arah penelitian ini positif yaitu Y’ = 33,976 + 0,928X, selain itu diketahui bahwa terdapat hubungan atau korelasi dengan kategori kuat antarvariabel yaitu sebesar 0,665. Variabel kepercayaan konsumen dipengaruhi variabel kredibilitas perusahaan sebesar 44,3% sedangkan 55,7% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil uji t pada penelitian ini memperoleh nilai Thitung 8,820 > Ttabel 1,6605. Dengan demikian, variabel kredibilitas perusahaan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap variabel kepercayaan konsumen. Oleh karena itu dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho di tolak.

References

Firdayanti, Restika. (2012). Persepsi Risiko Melakukan E-commerce dengan Kepercayaan Konsumen dalam Membeli Produk Fashion Online. Journal of Social and Industrian Psychology.

Frendy. (2011). Metode Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management, 15th Edition. Pearson Education, Inc.

Radjab, Enny dan Jam’an. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis. Makasar: Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2020-11-01

How to Cite

Imarotunnisa Oktavia, D., Zain Hamid, F., & Widhi S, N. M. (2020). PENGARUH KREDIBILITAS PERUSAHAAN TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN PADA PENGGUNAAN APLIKASI KESEHATAN HALODOC. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(2), 239-245. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/461