ANALISIS NILAI TAMBAH UBI KAYU (Manihot Esculenta Crantz Sin.) MENJADI TAPE DI UD. WANDA PUTRI BANYUWANGI

Authors

  • Kurniawan Muhammad Nur Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Riza Rahimi Bahtiar
  • Miftahatul Hayyul Karimah

Keywords:

Nilai Tambah, Ubi Kayu, Tape

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pengolahan tape ubi kayu dan nilai tambah tape di UD. Wanda Putri. Ada dua narasumber yang terpilih melalui teknik purposive sampling yaitu pemilik usaha dan kepala produksi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dan analisis kuantitaif. Metode penelitian deskriptif digunakan untuk menjelaskan proses pengolahan tape ubi kayu dengan hasil beberapa tahapan proses yaitu pemilihan bahan baku, pengupasan, pencucian, perebusan, penirisan dan pendinginan, peragian, pengemasan dan pemeraman. Analisis kuantitaif bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan nilai tambah dan keuntungannya dengan menggunakan metode Hayami (1987). Hasil analisis nilai tambah tape ubi kayu UD. Wanda Putri menunjukkan nilai tambah tape kemasan mika dan kantong plastik sebesar Rp3.128 dan Rp3.035. Rasio nilai tambah sebesar 55,50% dan 61,03% menjadikan nilai tambah keduanya tergolong pada kategori tinggi. Oleh karena itu, usaha ini sangat menguntungkan. Analisis keuntungan diperoleh hasil positif atau lebih dari nol dengan jumlah keuntungan Rp30.389.691 pada bulan Juni 2020.

References

[BPS Kabupaten Banyuwangi]. Badan Pusat Statistik Kabupaten Banyuwangi. (2019). Kabupaten Banyuwangi Dalam Angka 2019. BPS Kabupaten Banyuwangi Retrived from https://banyuwangikab.bps.go.id/publikasi/.

[Disperindag Jatim] Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur. (2020). Grafik Harga Ketela Pohon Konsumen 30 Hari dari Tanggal Terpilih. Siskaperbapo-Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Bahan Pokok di Jawa Timur. Retrived from http://siskaperbapo.com/harga/grafik.

Djoko, R., Hulopi, F., dan Darmawan, H. (2016). Studi Teknologi Dan Kelayakan Usaha Tape Singkong Di Desa Ketangi Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Buana Sains, 16(2), 121-128.

Hayami, Y., Kawagoe, T., Morooka, Y., Siregar, M. (1987). Agricultural Marketing and Processing In Upland Java a Perspective From a Sunda Village. Bogor : CGPRT Centre.

Hubeis, M. (1997). Menuju Industri Kecil Profesional di Era Globalisai Melalui Pemberdayaan Manajemen Industri. Bogor: IPB.

Rahmi, I., dan Trimo, L. (2019). Nilai Tambah Pada Agroindustri Dodol Tomat (Studi Kasus Pada Usaha Kelompok Wanita Tani Mentari Desa Genteng, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumedang). Journal of Food System and Agribusiness, 3(1), 50-56.

Rufaidah, E. (2015). Ilmu Ekonomi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2020-11-01

How to Cite

Muhammad Nur, K., Rahimi Bahtiar, R., & Hayyul Karimah, M. (2020). ANALISIS NILAI TAMBAH UBI KAYU (Manihot Esculenta Crantz Sin.) MENJADI TAPE DI UD. WANDA PUTRI BANYUWANGI. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(2), 254-261. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/466