PERAN FINANCIAL TECHNOLOGY DALAM MENINGKATKAN LITERASI KEUANGAN MAHASISWA
Keywords:
Digital Finance, Financial Technology, Literasi KeuanganAbstract
Layanan keuangan berbasis teknologi atau yang dikenal dengan Fintech telah menjadi fenomena global. Seiring dengan terus meningkatnya pengguna internet dan smartphone, pemanfaatan teknologi finansial untuk layanan perbankan di Indonesia masih relatif rendah. Beberapa penelitian sebelumnya justru menunjukkan bahwa mahasiswa sebagai generasi millennial masih memiliki tingkat literasi keuangan yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran layanan keuangan berbasis teknologi (financial technology) dalam meningkatkan literasi keuangan pada mahasiswa. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah mahasiswa tingkat akhir pada Program Studi Manajemen Bisnis Internasional Politeknik Negeri Bali. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling purposive. Analisis yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif.
References
Cooper. Donald dan Schindler (2017). “Metode Penelitian Bisnis” Edisi 12 Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.
Hadad, Muliaman D. (2017). Financial Technology (FinTech) di Indonesia. Kuliah Umum FinTech, IBS, Jakarta.
Iksan, Chairul & Burhanuddin. Tingkat Pemahaman dan Minat Masyarakat dalam Penggunaan Fintech. Riset & Jurnal Akuntansi Vol. 3 Nomor 1 Februari 2019. Universitas Muhammadiyah Makasar
Lee, I., & Shin, Y. J. (2018). Fintech: Ecosystem, business models, investment decisions, and challenges. Business Horizons, 61(1), 35–46. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2017.09.003.
Luckandi. Diardo(2018). “Analisis Transaksi Pembayaran Menggunakan Fintech Pada UMKM di Indonesia: Pendekatan Adaptive Structuration Theory”, Tesis. Universitas Islam Indonesia.
Nana Sudjana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1995). hal:24.
Organization for Economics Co-operation Development. (2016). Measuring Financial Literacy: Questionnare and Guidance Notes for Conducting an Internationally Comparable Survey of Financial Literacy. INFE
Sudaryono. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiarti. (2019), Peran Fintech Dalam Meningkatkan Literasi Keuangan pada Usaha Mikro Kecil Menengah di Malang