MENUANGKAN IDE DAN PELUANG DALAM BERWIRAUSAHA SEBAGAI UPAYA MENGATASI DAMPAK COVID-19 (STUDI KASUS PADA UMKM KEL. BEJI, KEC. BEJI DEPOK)

Authors

  • Titik Purwinarti Politeknik Negeri Jakarta
  • Yanita Ella Nilla Chandra

Keywords:

Pandemi, Covid-19, Peluang, Wirausaha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalis bagaimana “Menuangkan ide dalam menangkap peluang di masa sulit dampak dari pandemic covid-19”. Penelitian ini dilakukan pada para wirausahawan/wati UMKM di wilayah Depok, khusunya Kelurahan Beji, Kecamatan Beji yang merupakan daerah yang terdampak pandemic covid-19 cukup serius. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah menggunakan deskriptif kualitatif, Jenis penelitian yang menggambarkan kondisi apa adanya, tanpa memberi perlakuan atau manipulasi pada variable yang diteliti. Jenis penelitian deskriptif kualitatif merupakan jenis penelitian dengan proses memperoleh data bersifat apa adanya dan lebih menekankan makna pada hasilnya. Teknik pengumpulan data berupa wawancara. Hasil penelitian menunjukkan kondisi para wirausahawan/wati UMKM bahwa: (1) wirausaha mayoritas didominasi oleh kaum laki-laki sebanyak 93% sisanya 7% kaum wanita (2) jenis wirausaha tertinggi adalah kuliner 63%, sisanya 37% terdiri dari kelontong, pakaian dan lain-lain, (3) para wirausaha masuk wirausaha kecil jika dilihat dari modal awal usaha mereka mulai dari  100.000 hingga 50.000.000,(4) dari dampak kepada para wirausaha karena pamdemi covid-19, penurunan pendapatan/omset terbanyak sehingga 60%, sisanya lebih besar penurunan pendapatannya hingga 95%, akan tetapi prosentasenya tidak besar. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk dilakukan penelitian lanjutan, agar dapat diketahui kondisi pada tahun berikutnya, dan bagaimana berwirausaha setelah terjadi pandemic covid-19. Para Wirausaha UMKM dapat belajar dari kondisi Pandemi Covid-19 menjadikan peluang berwirausaha guna mengatasi dampak Pandemi Covid-19.

References

Albert Wijaya. (1993). Manajemen strategic Perusahaan dalam. John Wiley & Son. New York. USA. Jakarta: Gelora Aksara Pratama.

Drucker, Peter F .(1969). The Age of Discontinuity, Guidelies to Our Changing society. London: Pan Books 1971, 1994. Innovation and Entrepreneurship, Practice and Principle. Terj. Rusdi Naib. Jakarta: Gelora Aksara Pratama. Erlangga. Hal 54

Dun Steinhoff, John F. Burgess. (1993). Small Business Management Fundamentals. Six Edition Noe York: Mc GRawhill inc. hal 14.

Kuriloff, Arthur H., John M. Memphil, Jr. Douglas Cloud. (1993). Starting and managing the Small Business. Third Edit New York: McGraw Hill.

Lambing Peggy CharlessR Kuelhl. (2000) Entrepreneurship.New Jersey: Prentice Hall Inc

Nase Saepudin Zuhri, S.Ag., M.M. Sukses Membangun Wirausahaa: Prinsip Strategi dan Kiat, Fokusmedia, Bandung. Tahun 2017. (2011). Pendidikan Karakter

Marzuki Usman. (1997). Kewirausahaan dalam Birokrasi Salah Satu Langkah Antisipatifdalam menghadapi Globalisasi. Makalah Seminar. Jatinangor: IKOPIN. Ex.2 dan Ex 4.

Small Business Development Centre,.(1993). Practical Solution for small business, and School of business. Madison: University of Wisconsin.

Suryana. (1999). Pengaruh Latar Belakang Profesional, Sistem Nilai, serta Kemodernan Kewirausahaan Terhadap Daya Hidup Perusahaan Kecil Unggulan di Kabupaten Bandung: Desertasi PPS-UNPAD, hal 4-5.

Suryana. (2003). Kewirausahaan, Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Salemba Empat. Jakarta

Downloads

Published

2020-11-01

How to Cite

Purwinarti, T., & Ella Nilla Chandra, Y. (2020). MENUANGKAN IDE DAN PELUANG DALAM BERWIRAUSAHA SEBAGAI UPAYA MENGATASI DAMPAK COVID-19 (STUDI KASUS PADA UMKM KEL. BEJI, KEC. BEJI DEPOK). Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(2), 268-275. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/472