KONSEP SELF DIRECTED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN REGISTRASI UNTUK MICE DI POLITEKNIK PADA MASA COVID-19
Keywords:
Self Directed Learning, Registration, MICE, PoliteknikAbstract
Penyelenggaraan pendidikan dalam masa covid-19 saat ini mengalami perubahan yang sangat drastic tidak hanya keputusan dan kebijakan pemerintah berkenaan dengan konsep school from home (SCH) atau belajar dari rumah yang berlaku untuk semua jenjang pendidikan mulai dari tingkat dasar, menengah sampai tinggi. Salah satu pola pembelajaran yang dilakukan adalah self directed learning sebagai upaya menjawab perubahan system pembelajaran yang mandiri di luar pola strategi pembelajaran regiler yang selama ini dilakukan dengan tetap berpedomana pada mekanisme aturan bahwa mahasiswa tetap mendapatkan hak dan kewajiban sebagai peserta didik dengan tuntas. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis bagaimana self directed learning diterapakan di politeknik sebagai pola pembelajaran yang menuntut mahasiswa belajar lebih mandiri, disiplin dan mampu memecahkan masalah. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan unit analisis mahasiswa MICE-PNJ, teknik pengumpulan data menggunakan angket dan study literature. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self directed learning merupakan pola belajar yang lebih menekankan pada kemandirian mahasiswa dan focus pada pemecahan masalah dijawab responden dengan (Setuju:62%), membutuhkan cara berfikir kritis dijawab (Setuju:81%) serta mampu mencari solusi atas masalah secara mandiri (Setuju: 64%). Strategi pola pembelajaran untuk project work dilakukan hasilnya secara virtual dan role play diganti dengan studi kasus menggunakan tayangan video.
References
Austin, N., Hampel, R. & Kukulska-Hulme, A. (2017). Video Conferencing And Multimodal Expression Of Voice: Children's Conversations Using Skype For Second Language Development In A Telecollaborative Setting. SYSTEM, 64, 87–103. https://doi.org/10.1016/j.system.2016.12.003
Abdullah, Mardziah Hayati. Self-Directed Learning. http://www.education.com/reference/article/Ref_Self_Directed/ Mardziah Hayati Abdullah Educational Resource Information Center (U.S. Department of Education), diakses 14 Juli 2020
Agustin, Devysia Martharina, Warjiman, Bagus Rahmat Santoso. Perbedaan Self Directed Learning Mahasiswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Lecture dan Problem Based Learning, Journal.stikessuakainsani.a.c.id, diakses 10 Juli 2020
Boekaerts, M. (1997). Self-Regulated Learning: A New Concept Embraced by Researcher, Policy Maker, Educators, Teachers and Students. Learning and Insgruction 7, No. 2: 161-168
Chesla, A.L., Shannon M.Hilliker., Kayla Roumeliotis. (2020). Teacher Candidate Reflection and Development Through Virtual Exchange. IAFOR Journal of Education: Technology in Education.
Creswell, J.W., Shope, R., Clark, V.L., Green, D.O. (2006). How Interpretive Qualitative Research Extends Mixed Methods Research. Research in the Schools, 13 (1), pp.1-11
Dooly, M. 2017. Telecollaboration. In C.A. Chapelle & S. Sauro (Eds.), The handbook of technology and second language teaching and learning. pp. 169–183. Wiley. https://doi.org/10.1002/9781118914069.ch12
Dooly, M. & Sadler, R. (2013). Filling In The Gaps: Linking Theory And Practice Through Telecollaboration In Teacher Education. ReCALL, 25 (1), 4–29. https://doi.org/10.1017/S0958344012000237
Gibbson, M. (2002). The Self-Directed Learning Handbook: Challenging Adolescent Student to Excel. Jossey –Bass. John Willey and Sons, Inc.
Hacker, D., Dunlosky, J., and Graesser. (2000). A Metacognition in Educational Theory and Practice. Mahwah, N.J: Erlbraum.
Huriah, T. 2018. Metode Student Center Learning. Yogyakarta. Prenamedia Group
Jauregi, K. & Bañados, E. (2008). Virtual Interaction Through Video-Web Communication: A Step Towards Enriching And Internationalizing Language Learning Programs. ReCALL, 20 (2), 183–207. https://doi.org/10.1017/S0958344008000529
Lenkaitis, C. A. (2020). Teacher Candidate Reflection: Benefits Of Using A Synchronous Computer-Mediated Communication-Based Virtual Exchange. Teaching And Teacher Education. https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103041
Miflin, B. (2004). Adult Learning, Self-Directed Learning and Problem Based Learning: Deconstructing the Connections. Teaching in Higher Education 9, No.1: 43-53.
Sevilla-Pavón, A. (2016). Affordances of Telecollaboration Tools for English for Specific Purposes Online Learning. World Journal on Educational Technology, 8(3), 218–223. https://doi.org/10.18844/wjet.v8i3.696
Silen, Charlotte and Lars Uhlin. (2008). Self-Directed Learning- A Learning Issue for Students and Faculty. Teaching in Higher Education, Vol.13, No.4, August 2008. 461-475
Patterson, C., D.Crooks and O. Lunky-Child. 2002). A New Perspective on Competence for Self Directed Learning. Journal of Nursing Education 41, No. 1: 25-31
Schunk, D.H., and B.J.Ximmerman.eds. (1994). Self-Regulation of Learning and Performance. Issues and Educational Applications. Hillsdale, NJ: Erlbaum.
The Evaluate Group. (2019). Evaluating The Impact of Virtual Exchange on Initial Teacher Education: A European Policy Experiment. Research-Publishing.net. https://doi.org/10.14705/rpnet.2019.29.9782490057337