HERITAGE TOURISM SEBAGAI ALTERNATIF WISATA DI KOTA SAMARINDA

Authors

  • Novita Indriani Politeknik Negeri Samarinda
  • Rini Koen Iswandari
  • Sabalius Uhai
  • I Wayan Sudarmayasa
  • Novia Sri Wulandari
  • Rindani Mekarsari

Keywords:

Pariwisata, Wisata Budaya, Warisan, Paket Wisata, City Tour

Abstract

Pariwisata Budaya kini menjadi salah satu segmen industri pariwisata yang perkembangannya paling cepat. Hal ini disebabkan oleh adanya kecenderungan dan trend baru dikalangan wisatawan untuk mencari sesuatu yang unik dari suatu kebudayaan. Samarinda merupakan salah satu kota yang memiliki keanekaragaman budaya dari mulai suku, bangunan, situs hingga adat istiadat yang ada. Namun karena kurangnya pengemasan paket wisata budaya yang ada di Samarinda kedalam sebuah paket wisata maupun city tour oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi objek wisata yang memiliki potensi budaya dan sejarah dan dilanjutkan dengan tahapan   proses penyusunan paket city tour Samarinda in Heritage. Penelitian ini dilakukan di kota Samarinda khususnya objek wisata yang ada di Samarinda. Penelitian ini merupakan penilitian kulitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan studi pustaka dengan jumlah objek wisata yang diidentifikasi sebanyak 9 (sembilan) objek wisata. Berdasarkan hasil penelitian. Penulis telah melakukan identifikasi terhadap objek wisata budaya dan telah memilih beberapa objek yang akan dimasukkan kedalam city tour dan telah melakukan proses penyusunan city tour serta telah melakukan perhitungan dan menetapkan harga jual kedalam bentuk brosur paket wisata Samarinda In Heritage.

References

Amirullah. (2012, Mei 25). hhttps://kaltim.antaranews.com/berita/7172/samarinda-perkenalkan-rumah-berusia-108-tahun. (A. Mujayatno, Editor, & ANTARA, Producer) Retrieved 2020, from https://kaltim.antaranews.com.

Indonesia, B. P. (2020, Juli 17). Retrieved from https://www.bps.go.id: https://www.bps.go.id/indicator/16/1160/1/jumlah-devisa-sektor-pariwisata.html

Mardiany. (2017). Tourism in Samarinda City, East Kalimantan: Recent Status and Future Directions. Journal of Indonesian Tourism and Development Studies, 41- 48.

Sarip, M. (2014). Samarinda Tempoe Doeloe Sejarah 1200-1999 (Edisi Revisi ed.). Samarinda: RV Pusaka Horizon.

Suryandari, N. (2017, Maret 01). Eksistensi Identitas Kultural Di Tengah Masyarakat Multikultur Dandesakan Budaya Global. Jurnal Komunikasi, XI, No.01, 21-28.

Downloads

Published

2020-11-01

How to Cite

Indriani, N., Koen Iswandari, R., Uhai, S., Sudarmayasa, I. W., Sri Wulandari, N., & Mekarsari, R. (2020). HERITAGE TOURISM SEBAGAI ALTERNATIF WISATA DI KOTA SAMARINDA. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(2), 336-343. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/482