POTENSI WISATA KULINER DITINJAU DARI SISTEM PELAYANAN RESTORAN DI OBJEK WISATA DANAU BULILIN

Authors

  • Diane Tangian Politeknik Negeri Manado
  • Silvana Wewengkang

Keywords:

Kuliner, restoran, kualitas pelayanan

Abstract

Danau Bulilin terletak di Desa Kali Kecamatan Tombatu, yang menawarkan keindahan alam dan wisata kuliner. Terdapat beberapa restoran yang dibuat di atas danau, dan ini yang menjadi daya tarik wisatawan. Ciri khas Wisata kuliner Danau Bulilin adalah ikan mujair bakar rica. Permasalahan yang terjadi adalah masyarakat yang terlibat dalam usaha kuliner di Danau Bulilin kurang memahami cara pelayanan yang baik sesuai standar yang berlaku. Hal ini akan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, dan secara otomatis akan berdampak pada keberlanjutan wisata kuliner Danau Bulilin. penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pelayanan restoran yang ada dalam kawasan wisata Danau Bulilin, untuk meningkatkan kepuasan tamu. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat membantu masyarakat sekitar yang terlibat dalam usaha kuliner dalam mengembangkan usaha mereka, agar dapat berjalan secara berkelanjutan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatis deskriptif, untuk menggambarkan situasi atau fenomena berdasarkan kenyataan yang ada. Adapun hasil penilaian kepuasan pengunjung didapatkan hasil 57,5 berdasarkan kategori yang dibuat di atas berarti penilaian kepuasan pengunjung berada pada kategori cukup memuaskan.

References

Harsana, M. et al. (2018). Potensi Makanan Tradisional Kue Kolombeng Sebagai Daya Tarik Wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta. Home Economics Journal. Vol. 1. No. 2. Hal: 40-47

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran. Terjemahan Hendra Teguh. Edisi Milenium. Cetakan pertama. Jakarta, Prenhalindo.

Mulyawan, A., & Sidharta, I. (2013). Analisis Deskriptif Pemasaran Jasa Di STMIK Mardira Indonesia Bandung. Jurnal Computech & Bisnis, Vol. 7. No. 1. Hal. 42-55.

Panjaitan, J.E. dan Yulianti, A.L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung. DeReMa Jurnal Manajemen. Vol. 11. No. 2. Hal. 265-289.

Subakti, A.G. (2014). Analisis Kualitas Pelayanan di Restoran Saung Mirah Bogor. Jurnal. Binus Business Review. Vol. 5. No. 1. Hal: 49-56.

Sukmadinata, N.S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosadakarya: Bandung.

Downloads

Published

2020-11-01

How to Cite

Tangian, D., & Wewengkang, S. (2020). POTENSI WISATA KULINER DITINJAU DARI SISTEM PELAYANAN RESTORAN DI OBJEK WISATA DANAU BULILIN . Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(2), 379-387. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/488