TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG DI OBYEK WISATA TEGENUNGAN WATERFALL GIANYAR, BALI
Keywords:
kepuasan pengunjung, atribut-atribut wisata, importance- performance analysisAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pengunjung di obyek wisata Tegenungan Waterfall di Desa Kemenuh Gianyar, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, dengan menganalisis atribut-atribut wisata yang memenuhi kepuasan pengunjung berdasarkan tingkat kepentingan dan kinerja dari atribut wisata tersebut. Data dikumpulkan melalui observasi, studi pustaka, interview dengan menyebarkan kuesioner terhadap 100 orang pengunjung secara aksidental. Data dianalisis dengan Importance-Performance Analysis (IPA). Hasil analisis menunjukkan bahwa kepuasan pengunjung yang masih harus diprioritaskan ditunjukkan oleh atribut-atribut wisata yang kinerjanya masih rendah namun memiliki kepentingan yang sangat tinggi yaitu di bidang kebersihan, keamanan, penanganan keluhan, kurangnya life guard, locker tempat penitipan barang dan promosi. Sebagai implikasinya maka Untuk meningkatkan kepuasan pengunjung dapat dilakukan dengan cara (!)meningkatkan kebersihan, (2) menambah life guard, (3) memberikan pelatihan terhadap SDM, (4) menyediakan tempat penitipan barang dan (5) meningkatkan promosi melalui sosial media, web site dan kerjasama dengan travel agent. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat, pengelola obyek wisata, dan pemerintah
References
Farid, Akhmad. Soemarmo, Marsoedi. Setiawan, Budi. (2013). Importance-Performance Analysis of The marine TourismIn Bawean Island Indonesia. British Journal of Marketing Studies. Vol. 1 No.2.pp.33-41.
Irawati, N dan Wahyuni, S. (2019). “Buletin Ekonomi” No 1 tahun ketujuhbelas.
Johann, Maria. (2014). The Importance-Performance Analysis an Evaluation of Tourist Satisfaction With The Destination Attributes. International Journal of Economic Practiceand Theories, Vol 4, No 5
Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane, (2016). Manajemen Pemasaran. Jl 2 Ed 13. Jakarta, Erlangga
Martinez, C.L.( 2003). Evaluation Report: Tools Cluster Network, Centerpoint Institute, Inc, Arizona.
Kusmayadi dan Endar Sugiarto. (2000). Metodelogi Penelitian dalam Bidang Kepariwisataan. Jakarta: Gramedia Pustaka utama
Payangan, Otto R. (2014). Pemasaran Jasa Pariwisata. Bandung. IPB Press.
Setiawan, J., Sutarj, Citra., dan Ananda, IP., (2014). Analisis Potensi Wisata Air Terjun Tegenungan Sebagai Pengembangan Ekowisata Di Desa Kemenuh, Kabupaten Gianyar. Vol 5. No 1. http://ejournal.undiksa.ac.id indexphp JJPG article view 3735
Sudarmini, NM. Widari, CIS .dan Sukartini, NW. (2017). Sustainable Tourism Management Model For Tegenungan Waterfall, Gianyar. International Journal of Applied Sciences in Tourism and Events 1(2), 126
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Cet. IX. Bandung: Alfabeta.
Suryadana, M. Liga dan Vany Oktavia. (2015). Pengantar Pemasaran Pariwisata. Bandung. Alfabeta.
Tangkere, Ellen G dan Sondak, Lorraine W. 2017. Tingkat Kepuasan Pengunjung terhadap Kualitas Pelayanan Daerah Wisata Puncak Temboan Tomohon. Jurnal Agri-SosioEkonomi Unsrat, ISSN 1907 – 4298, Vol 13 Nomor 1, Januari 201
Yoeti, Oka.A. 1996. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung. Aksara
Yoeti, Oka A. 2008. Ekonomi Pariwisata: Introduksi, Informasi, dan Aplikasi. Jakarta: Kompas
Yuni, L.K. Herindiyah. K. dan Artana, W.A. (2016). “Strategi pengembangan Air Terjun Tegenungan Sebagai Daya Tarik Wisata Alam Di Desa Kemenuh, Gianyar”. Soshum Jurnal Sosial Humaniora, Vol. 6 No. 3, November 2016
Zaenuri, Muchamad. (2012). Perencanaan Strategis Kepariwisataan Daerah : Konsep dan Aplikasi. Jogyakarta: e-Gov Publishing