PARIWISATA BANYUWANGI PASCA COVID 19

Authors

  • Kanom Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Nurhalimah
  • Randhi Nanang Darmawan

Keywords:

Pariwisata Banyuwangi, pasca covid 19

Abstract

Banyuwangi merupakan salah satu destinasi pariwisata yang cukup popular di Indonesia dengan branding Majestic Banyuwangi yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisa potensi, kendala serta memformulasikan strategi yang tepat untuk diterapkan dalam pengembangan pariwisata Banyuwangi pasca covid 19. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif, dan analisis matrik SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, Threats). Melalui tafsir dengan analisis deskriptif kualitatif dan analisis SWOT ditemukan bahwa potensi alam dan sosial budaya. Pengembangan potensi dan solusi dari kendala tersebut dilakukan dengan menerapkan strategi-strategi sebagai berikut; strength–opportunity (S–O) dengan strategi pengembangan destinasi pariwisata dan strategi pengembangan daya tarik wisata, strategi strength–threat (S–T) dengan strategi peningkatan kualitas lingkungan dan strategi pengembangan pariwisata berkelanjutan, strategi weakness–opportunity (W–O) dengan strategi promosi destinasi pariwisata dan strategi peningkatan keamanan dan kenyamanan, dan strategi weakness–threat (W–T) dengan strategi pengembangan sumber daya manusia dan strategi pengembangan kelembagaan dan manajemen destinasi

References

Butler, R. (1980). The Concept of Tourism Area Cycle of Evolution: Implications for the Management of resources. Canadian Geographer, XXIV, 1: 5-12. University of Western Ontario.

Kanom, & Darmawan, R. N. (2020). Pengembangan Taman Wisata Alam Gunung Tunak Sebagai Destinasi Pariwisata Berkelanjutan. Jurnal Ilmiah Pariwisata , 25 (2), 84-98.

Kanom, & Zazilah, A. N. (2019). Strategi Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat Di The Mandalika Kuta Lombok. MEDIA BINA ILMIAH , 14 (4), 2509-2524.

Kanom, Darmawan, R. N., & Nurhalimah. (2020). Sosialisasi Penerapan Sapta Pesona Dalam Perencanaan Dan Pengembangan Destinasi Pariwisata Berkelanjutan Di Lider Desa Sumberarum Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi. Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat , 2 (1), 24-32.

Kasim, A., Bungin, B., Dzakiria, H., & Mokhtar, M. F. (2020). Metode Penelitian Pariwisata dan Hospitaliti. Perspektif Kuantitatif, Kualitatif, dan Mixed Methods. Jakarta: Kencana.

Marpaung, H. (2002). Pengetahuan Pariwisata. Bandung: Alfabeta.

Pendit, N. (2003). Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta: PT Pradaya Paramitha.

Downloads

Published

2020-11-01

How to Cite

Kanom, Nurhalimah, & Nanang Darmawan, R. (2020). PARIWISATA BANYUWANGI PASCA COVID 19. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(2), 404-411. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/492