ANALISIS PEMETAAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA AIR TERJUN DI SONGGON KABUPATEN BANYUWANGI

Authors

  • Firda Rachma Amalia Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Adetiya Prananda Putra

Keywords:

Pemetaan, Potensi, SWOT, Wisata Air Terjun, Songgon, QSPM

Abstract

Pariwisata adalah salah satu sektor yang diharapkan dapat meningkatkan penerimaan pendapatan asli daerah. Segala usaha dalam mengembangkan sektor pariwisata khususnya di Propinsi Jawa Timur adalah hal yang penting untuk dilakukan. Pada penelitian ini mengambil lokasi di Kabupaten Banyuwangi Kecamatan Songgon yang mempunyai banyak objek-objek wisata alam air terjun potensial yang diharapkan dapat dikembangkan untuk menunjang sektor perekonomian daerah. Analisis Pemetaan bertujuan memudahkan pemetaan sebaran objek-objek wisata alam dan menganalisa potensinya. Analisis Potensi menggunakan SWOT. Analisis QSPM digunakan untuk mentukan strategi prioritas sesuai dengan kondisi internal dan eksternal yang ada. Hasil dari penelitian  ini adalah peta wisata air terjun dengan panduan wisata alam air terjun Kecamatan Songgon yang informatif dan atraktif sehingga dapat dimanfaatkan dan strategi terbaik melalui QSPM adalah Memperbaiki akses menuju destinasi untuk mendorong kunjungan wisatawan.

References

David, F.R.( 2012). Manajemen Strategis : Konsep. Jakarta :Selemba Empat.

David, ME. (2009). The Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) applied to a retail computer store. The coastal business journal. 8(1) : 42-52.

Kecamatan Songgon.(2017). Profil Kecamatan Songgon. Banyuwangi: Kecamatan Songgon.

Saghaei, M. & Mohammad, RS. (2012). Strategic planning for a lubricant manufacturing company using SWOT analysis, QSPM model (one of the Top companies of Iranian Oil, Gas and Petrochemical Products Exporters’ Association). Australian journal of business and management research. 1(10) : 18-24.

Yunita,S. (2014 Mei 5). Banyuwangi,Geliat dari Ujung Jawa. Jakarta (ID): Kompas.

Downloads

Published

2020-11-01

How to Cite

Rachma Amalia, F., & Prananda Putra, A. (2020). ANALISIS PEMETAAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA AIR TERJUN DI SONGGON KABUPATEN BANYUWANGI. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(2), 442-449. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/497