METODE PENGAJARAN BAHASA INGGRIS MARITIM

Authors

  • Puji Astuti Amalia Politeknik Negeri Samarinda
  • Minarni Adham
  • Rusman

Keywords:

Metode pengajaran bahasa inggris, bahasa inggris maritim, problem based learning

Abstract

Tidak dapat diragukan bahwa kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris sangat penting bagi pelaut dan agen pelayaran guna menjaga keselamatan kapal, awak kapal dan jalur pelayaran serta meningkatkan efisiensi bisnis pelayaran, oleh sebab itu mahasiswa Jurusan Kemaritiman, Politeknik Negeri Samarinda dipersiapkan dengan baik. Penelitian ini merupakan studi literatur yang bertujuan untuk menemukan metode pengajaran bahasa Inggris maritim yang sesuai dan dapat diaplikasikan di Jurusan Kemaritiman Politeknik Negeri Samarinda. Dengan menemukan dan menerapkan metode pengajaran yang tepat maka tujuan belajar mengajar dapat tercapai sehingga mahasiswa dapat meningkatkan kemampuannya dalam berbicara terkait bidang kemaritiman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat metode pengajaran bahasa Inggris yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, dan isi materi yang diajarkan di bidang kemaritiman. Metode ini disebut Problem Based Learning.

References

Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of educational objectives: The classification of educational goals. Cognitive domain.

Duch, B. J., Groh, S. E., & Allen, D. E. (2001). The power of problem-based learning: a practical" how to" for teaching undergraduate courses in any discipline. Stylus Publishing, LLC.

Demydenko, N. (2012). Teaching maritime English: A linguistic approach. Journal of shipping and Ocean Engineering, 2(4), 249.

Hajrulla, V. (2012). Bringing cultural content and authentic materials to enhance problem-based learning in EFL classes. Lingua mobilis, (5 (38)).

Nilsen, J. O. (2013). Teaching methods and exam methods in maritime education (Master's thesis, Høgskolen i Vestfold).

Othman, N., & Shah, M. I. A. (2013). Problem-Based Learning in the English Language Classroom. English Language Teaching, 6(3), 125-134.

Richards, J. C., & Rodgers, T. S. (2014). Approaches and methods in language teaching. Cambridge university press.

Shen, J. & Zhao Z. (2011). “Language Characteristics and Written Requirements of the Maritime English Correspondence”. English Language Teaching. Vol. 4, No 1, (2011): 185-189

Tan, O.S. (2003). Problem-based learning innovation: Using problems to power learning in the 21st century. Singapore: Thomson Learning.

Trenkner, P. (2000). Maritime English. An attempt of an imperfect definition. In Proceedings of the 2nd IMLA Workshop on Maritime English in Asia (pp. 1-8). Dalian, China: Dalian Maritime University.

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor.

Downloads

Published

2020-11-01

How to Cite

Astuti Amalia, P., Adham, M., & Rusman. (2020). METODE PENGAJARAN BAHASA INGGRIS MARITIM. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(2), 456-463. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/499