PENGEMBANGAN STRATEGI KOMERSIALISASI LUARAN PENELITIAN BIDANG NON TEKNOLOGI (SOSIAL SAIN DAN HUMANIORA) (Strategy Development Of Commercialization For Non-Technology Research Product Of Higher Education)

Authors

  • Carolina M. Lasambouw Politeknik Negeri Bandung
  • Ediana Sutjiredjeki
  • Neneng Nuryati

Keywords:

Luaran Penelitian, Bidang Non Teknologi, Komersialisasi, Strategi

Abstract

Komersialisasi hasil penelitian Perguruan Tinggi di Indonesia merupakan keniscayaan, namun jumlah yang berhasil dikomersialkan masih sedikit. Walaupun pada prinsipnya komersialisasi produk penelitian hampir sama dengan komersialisasi produk biasa, namun belum menjadi arus utama periset di perguruan tinggi. Luaran  penelitian bidang non teknik jarang dieksplorasi untuk komersialisasi, padahal biaya investasi penelitiannya umumnya sama besar dengan bidang tenik. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi strategi komersialisasi produk hasil penelitian dibidang ilmu Sosial Sains dan Humaniora. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka. Selanjutnya dikonfirmasi melalui wawancara dan FGD dengan responden yang dipilih secara purposive. Ditemukan bahwa mayoritas Perguruan Tinggi masih berjuang untuk mengkomersialisasikan produk-produk hasil penelitiannya. Komersialisasi produk non teknologi hasil penelitian lebih ditekankan pada jenis klien yang membutuhkan, dan jaringan kolaborasi yang dibangun oleh peneliti dan juga institusi. Tahapan dalam model Goldsmith cenderung diadopsi dengan penyesuaian.

References

Aarikka-Stenroos, L., & Lehtimäki, T. (2014). Commercializing a radical innovation: Probing the way to the market. Industrial Marketing Management. https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2014.08.004

Breznitz, S. M., O’Shea, R. P., & Allen, T. J. (2008). University commercialization strategies in the development of regional bioclusters. Journal of Product Innovation Management. https://doi.org/10.1111/j.1540-5885.2008.00290.x

Fletcher, A. C., & Bourne, P. E. (2012). Ten Simple Rules To Commercialize Scientific Research. In PLoS Computational Biology. https://doi.org/10.1371/journal.pcbi.1002712

Guba, E. G., & Lincoln, Y. S. (1994). Competing paradigms in qualitative research. In Handbook of qualitative research.

Ho, Y. C., Fang, H. C., & Lin, J. F. (2011). Technological and design capabilities: Is ambidexterity possible? Management Decision. https://doi.org/10.1108/00251741111109124

Jolly, M., Fletcher, A. C., & Bourne, P. E. (2012). Ten Simple Rules to Protect Your Intellectual Property. In PLoS Computational Biology. https://doi.org/10.1371/journal.pcbi.1002766

Maxwell, J. A., & Reybold, L. E. (2015). Qualitative Research. In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.10558-6

Qu, S. Q., & Dumay, J. (2011). The qualitative research interview. In Qualitative Research in Accounting and Management. https://doi.org/10.1108/11766091111162070

Goldsmith. H. R., (1999). A Model for Technology Commercialization. Mid-Continent Regional Technology Transfer Centre Affiliate’s Conference NASA Johnson Space Centre, Houston. In Gregor Ferguson. (2008). Commercialization Model. Diunduh dari www.rumourcontrol.com.au/analysis/commercialization_models.pdf

Kemenristekdikti. (2019). Pedoman Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat edisi XII.

Miller, K., McAdam, R., Moffet, S., dan Brennan, M. (2011). An Exploratory Study of Retaining and Maintaining Knowledge in University Technology Transfer Process. International Journal of Entrepreneurial Behaviour Research, 17, 663-684. In Karaveg. C, Natcha Thawesaengkulthai & Achara Chandrachai. (2014). Evaluation model for research and development commercialization capability.

Sutjiredjeki E., Lasambouw C.L. dan Nuryati N. (2019). Development of Metrics for Research Output Commercialization at Indonesia Higher education Institutions, International Conference of Advance R in Management, Economic and Accounting, Bacelona-Spain.

Downloads

Published

2020-11-01

How to Cite

M. Lasambouw, C., Sutjiredjeki, E., & Nuryati, N. (2020). PENGEMBANGAN STRATEGI KOMERSIALISASI LUARAN PENELITIAN BIDANG NON TEKNOLOGI (SOSIAL SAIN DAN HUMANIORA) (Strategy Development Of Commercialization For Non-Technology Research Product Of Higher Education). Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(2), 472-479. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/501