PENGARUH KOMPETENSI DOSEN TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA DI POLITEKNIK NEGERI BANYUWANGI

Authors

  • Dani Agung Wicaksono Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Trias Ayu Laksanawati

Keywords:

Kompetensi, Prestasi Akademik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kompetensi dosen terhadap prestasi akademik mahasiswa di Politeknik Negeri Banyuwangi, Penelitian ini dilakukan di Kota Banyuwangi, Jawa Timur dengan menggunakan 392 responden mahasiswa. Seperti diketahui bahwa salah satu tujuan proses kegiatan belajar mengajar adalah adanya peningkatan pemahaman mahasiswa yang pada akhirnya akan terefleksi pada prestasi mahasiswa. Salah satu faktor penting untuk meningkatkan prestasi akademik mahasiswa adalah kompetensi dosen. Dosen yang kurang memiliki kompetensi di bidangnya dapat mengganggu pencapaian sasaran tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang berisi 5 pertanyaan. Data penelitian ini memenuhi uji asumsi klasik yang berarti dapat digunakan untuk menguji pengaruh variabel independent dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Kompetensi dosen ternyata berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa dengan nilai R2 sebesar 0,014 dengan sig. 0,020. Hal ini memperlihatkan bahwa apabila dosen dalam melakukan kegiatan belajar mengajar mempunyai kompetensi pedagogik, yaitu dosen mampu dalam membuat sistem dan materi pembelajaran. Kompetensi kepribadian, yaitu dosen memiliki sikap dan tindakan yang aktif dan responsif kepada mahasiswa selama melakukan proses belajar mengajar. Kompetensi sosial, yaitu dosen mampu berinteraksi dan komunikasi dengan mahasiswa dan kompetensi professional, yaitu dosen paham dan menguasai materi yang disampaikan kepada mahasiswa, maka hal ini akan meningkatkan gairah dan semangat mahasiswa dalam kegiatan belajar mengajar sehingga prestasi akademik mahasiswa akan meningkat.

References

Akiri, A. A. (2013). Effects of Teachers' Effectiveness on Students' Academic Performance in Public SecondarySchools; Delta State - Nigeria. Journal of Educational and Social Research, 3(3), 105. Retrieved from MCSERPublishing Database.

Astuty, E. (2015). Implementation Analysis of Lecturer's Pedagogical Competence on Student's AcademicAchievement. Journal of Management Research, 7(2), 152. Retrieved from Macrothink Institute Database.

Baedowi, A. (2015). Manajemen Sekolah Efektif. Jakarta : PT. Pustaka Alvabet.

Bonney, E. A., Amoah, D. P., Micah, S. A., Ahiamenyo, C., & Lemaire, M. B.. (2015). The Relationship Between The Quality of Teachers and Pupils Academic Performance in the STMA Junior High Schools of the WesternRegion of Ghana. Journal of Education and Practice, 6(24), 139. Retrieved from IISTE Database.

Dey, A., Choudury, M., M., Mollah, S., dan Kim, Min-Ho. (2015). Evaluation of Teaching Methods on Students’Academic Performance in the University of Dhaka. Journal of AEIJMR, 3(4), 1. Retrieved from AEPHDatabase.

Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Hadis, A., dan Nurhayati, B. (2012). Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Hapsari, Diasty Widar dan Prasetio, Arif Partono. (2017). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 2 Bawang. e-Proceeding of Management : Vol.4, No.1 April 2017 |

Inayah, R., Martono, T., dan Sawiji, H. (2013). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa, dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1Lasem, Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri, 1(1), 1-2.

Kosgei, A., Mise, J. K., Odera, O., dan Ayugi, M. E.. (2013). Influence of Teacher Characteristics on Students'Academic Achievement among Secondary Schools. Journal of Education and Practice, 4(3), 76. Retrievedfrom IISTE Database.

Mulyasa, E. (2013). Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Muzenda, A. (2013). Lecturers' Competences and Students' Academic Performance. International Journal ofHumanities and Social Science Invention, 3(1), 6. Retrieved from IJHSSI Database.

Neolaka, Amos. (2014). Metode Penelitian dan Statistik (Edisi ke-1). Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta : Kencana.

Novauli, F. (2012). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Pada SMP Negeri di Kota Banda Aceh. Jurnal Pencerahan, 6(1), 18. Diambil dari Majelis Pendidikan Aceh Database.

Nurdin, D., dan Bakar, A. (2011). Manajemen Sumber Daya Pendidikan. Bandung : PT. Sarana Panca KaryaNusa.

Republik Indonesia. (2006). Undang-Undang R.I. Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen (Edisi ke-2). Jakarta : BP. Dharma Bhakti.

Sary, Y. N. (2015). Buku Mata Ajar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta : Deepublish.

Sriyanti, L. (2011). Psikologi Belajar. Salatiga : STAIN Salatiga Press.

Supriyadi, K. S. (2016, Mei 18). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Pretasi Siswa. (Diasty, Interviewer)Suyanto, dan Jihad, Asep. (2013). Menjadi Guru Profesional. Jakarta : Esensi.

Syah, M. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.

Utomo, P., Suwachid, & Suharno. (2012). Hubungan Antara Kompetensi Guru dan Motivasi Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMK PGRI 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal PendidikanEkonomi, 3(1), 1.

Wamala, R., dan Seruwagi, G. (2013). Teacher Competence and The Academic Achievement of Sixth GradeStudents In Uganda. Journal of International Education Research, 9(1), 83. Retrieved from The Clute InstituteDatabase.

Wardhana, A. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : PT. Karya manunggal Lithom.

Downloads

Published

2020-11-01

How to Cite

Agung Wicaksono, D., & Ayu Laksanawati, T. (2020). PENGARUH KOMPETENSI DOSEN TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA DI POLITEKNIK NEGERI BANYUWANGI. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(2), 488-494. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/503