PERSEPSI MAHASISWA UNIVERSITAS PEMBANGUNAN JAYA PADA STUDY FROM HOME SELAMA PANDEMIK COVID-19
Keywords:
Interaksi Sosial, Study From Home (SFH), Pandemik Covid-19, Universitas Pembangunan Jaya (UPJ)Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi positif dan negatif dari mahasiswa Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) dari Study From Home selama pandemik Covid-19. Penelitian ini memiliki sifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Instrumen pada penelitian ini adalah kuesioner. Skala yang digunakan adalah Skala Likert dengan pengukuran 1-5. Kuesioner terdiri dari 18 item pernyataan. Kuesioner diserahkan dalam bentuk digital form melalui Google Form. Adapun jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 101 mahasiswa. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi positif dari Study From Home yang dirasakan mahasiswa adalah mahasiswa dapat beradaptasi dengan baik terhadap perubahan sistem perkuliahan, sedangkan persepsi negatif yang dirasakan mahasiswa adalah fokus belajar yang terpecahkan dan tidak memahami materi ajar dengan baik.
References
Adijaya, N., & Santosa, L. P. (2018, September 2). Persepsi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Online. Jurnal Wanastra, 10(2), 105-110.
Aliwear. (2012, Februari 8). Komunikasi Efektif Dalam Interaksi Dosen dan Mahasiswa. Retrieved from Bang Ali Wear: https://www.cnnindonesia.com/internasional/20200609040710-134-511239/who-ungkap-situasi-pandemi-corona-memburuk-di-seluruh-dunia
Anhusadar, L. O. (2020, April). Persepsi Mahasiswa PIAUD Terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi Covid 19. Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 44-58. doi:10.24014/9609
Firman, & Rahman, S. R. (2020, Maret 2). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science, 2(2), 81-89.
Indonesia, C. (2020, Juni 9). Internasional: Berita Eropa Amerika. Retrieved from CNN Indonesia: https://www.cnnindonesia.com/internasional/20200609040710-134-511239/who-ungkap-situasi-pandemi-corona-memburuk-di-seluruh-dunia
Kusnayat, A., Muiz, M., Sumarni, N., Mansyur, A. S., & Zaqiah, Q. Y. (2020, Juni). Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online di Era Covid-19 dan Dampaknya Terhadap Mental Mahasiswa. Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 153-165.
Megawanti, P., Megawati, E., & Nurkhafifah, S. (2020, Juli 2). Persepsi Peserta Didik Terhadap PJJ Pada Masa Pandemi Covid-19. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 75-82.
Purwanto, A. (2020). Studi Eksplorasi Dampak Work From Home (WFH) Terhadap Kinerja Guru Selama Pandemi Covid-19. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 92-100.
Salehudin, M. (2020, Maret). Dampak Covid-19: Guru Mengadopsi Media Sosial Sebagai E-Learning Pada Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Mudarrisuna, 10(1), 1-14. doi:10.22373/6755
Yuliana. (2020, Februari). Corona Virus Disease (Covid-19); Sebuah Tinjauan Literatur. Wellness And Healthy Magazine, 2(1), 187-192.