PENERAPAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATAKULIAH STATISTIK BISNIS

Authors

  • Tri Tanami Sukraini Politeknik Negeri Bali
  • Kasiani
  • I Putu Yoga Laksana

Keywords:

Google Classroom, Pembelajaran Online , Hasil Belajar, Metode Theil, Pembelajaran Online dan Hasil Belajar

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman kearah revolusi 4.0, penggunaan teknologi tidak dapat dilepaskan dari kehidupan manusia. Salah satu media pembelajaran berbasis internet yang mulai ramai digunakan adalah Google classroom. Program ini dapat diakses menggunakan perangkat apa pun di tempat mana pun, yang nyaman bagi pendidik dan pelajar. Platform Google memungkinkan peserta didik untuk berkomunikasi dan mendiskusikan topik yang dipelajari di kelas, dan pendidik dapat melihat diskusi pelajar, dan mengirim komentar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektivan metode pembelajaran dengan menggunakan media Google Classroom pada mahasiswa semester II 2019 program studi Manajemen Bisnis Internasional Politeknik Negeri Bali untuk matakuliah statistika bisnis. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan tes. Analisis data menggunakan uji regresi sederhana nonparametrik dengan metode Theil. Proses diawali dengan memberikan kuesioner, menguji asumsi normalitas galat pada data dan pembentukan model. Diperoleh pemodelan regresi sederhana nonparametric yang terbentuk adalah Y=33,214+0,7143X. Hasil pengujian menunjukkan pada taraf signifikan 0,05 disimpulkan penerapan google classroom pada pembelajaran matakuliah statistik bisnis berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa dengan koefisien determinasi 0,25.

References

Akpos, E. P., & Jude, O. (2018). Comparison of Theil’s and Simple Regression on Normal and Non-Normal Data Set with Different Sample Sizes. International Journal of Management and Applied Science, 4(1), 2394-7926

Azhar, K. A., & Iqbal, N. (2018). Effectiveness of Google classroom: Teachers’ perceptions. Prizren Social Science Journal, 2(2), 52-66.

DiCicco, K. M. (2016). The effects of Google Classroom on teaching social studies for students with learning disabilities. Retrieved from Rowan Digital Works. (https://rdw.rowan.edu/etd/1583).

Lin, M. H., & Chen, H. G. (2017). A study of the effects of digital learning on learning motivation and learning outcome. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(7), 3553-3564.

Mohd Shaharanee, I. N., Jamil, J., & Mohamad Rodzi, S. S. (2016). The application of Google Classroom as a tool for teaching and learning. Journal of Telecommunication, Electronic and Computer Engineering, 8(10), 5-8.

Oey, M., Rahayu, S. I., Amin, M., Effendi, S., Darma, Y., Dartanto, T., & Aruan, C. D. (2017). Era disrupsi peluang dan tantangan pendidikan tinggi Indonesia. Jakarta: Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Sprent, P. (1991). Metode Statistika Nonparametrik Terapan. Jakarta: Universitas Indonesia.

Sukarna, Zaki, A., & Tomas, Y. (2015). Nonparametric Linier Regression by Theil Method (Case Study: Inflation and Circulating Money in Indonesia). Journal of Mathematics Computatio and Statistics, 1(1).

Syarif, I. (2012). Pengaruh model blended learning terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2).

Downloads

Published

2020-11-01

How to Cite

Tanami Sukraini, T., Kasiani, & Yoga Laksana, I. P. (2020). PENERAPAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATAKULIAH STATISTIK BISNIS. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(2), 537-545. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/509