SEBUTAN PERALATAN TUKANG OLEH PEKERJA BANGUNAN BERBAHASA SUNDA DI KABUPATEN CILACAP

Authors

  • Eri Ester Khairas Politeknik Negeri Jakarta
  • Linda Sari Wulandari

Keywords:

alat-alat tukang bangunan, bahasa Sunda, Kabupaten Cilacap, makna leksikal

Abstract

Penelitian ini berjudul “Sebutan Peralatan Tukang Bangunan oleh Pekerja Bangunan Berbahasa Sunda di Kabupaten Cilacap”. Penelitian ini bertujuan untuk mendokumentasikan istilah nama-nama alat yang digunakan oleh tukang bangunan selaku penutur bahasa Sunda di Kabupaten Cilacap. Penelitian ini mendeskripsikan makna leksikal, fungsi atau kegunaan alat-alat yang digunakan oleh para tukang bangunan dalam bahasa Jawa di Kabupaten Cilacap. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah istilah Sebutan alat-alat yang digunakan oleh tukang bangunan dalam bahasa Sunda di Kabupaten Cilacap. Hasil penelitian berupa dokumentasi istilah/Sebutan alat-alat tukang bangunan dalam bahasa Sunda di Kabupaten Cilacap. Alat-alat tukang bangunan yang digunakan oleh para tukang bangunan, terdiri dari alat yang digunakan oleh tukang kayu dan tukang batu. Tukang kayu dan tukang batu menggunakan alat yang berbeda.

References

Chandra, D. (2017). Variasi Bahasa Jargon di Kalangan Tukang Bangunan Desa Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya. Konferensi Nasional Bahasa dan Sastra IV, (pp. 143-148).

Narbuko, C., & Achmadi, A. (2010). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Ramendra, D. P. (2013). Variasi Pemakaian Bahasa pada Masyarakat Tutur Kota Singasari. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 275-287.

Sartini, N. W. (2012). Bahasa Pergaulan Remaja: Analisis Fonologi Generatif. MOZAIK: Jurnal Ilmu Humaniora, 122-132.

Wulandari, L. S., & Shomami, A. (2019). Perubahan Wilayah Pakai Bahasa Sunda dan Bahasa Jawa di Kabupaten Cilacap Jawa Tengah. Metalingua, 135-142.

Downloads

Published

2020-11-01

How to Cite

Ester Khairas, E., & Sari Wulandari, L. (2020). SEBUTAN PERALATAN TUKANG OLEH PEKERJA BANGUNAN BERBAHASA SUNDA DI KABUPATEN CILACAP. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(2), 546-553. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/510