PEMETAAN LOKASI KANTOR KEPALA DESA PADANG SAMBIAN KAJA, KECAMATAN DENPASAR BARAT DENPASAR

Authors

  • Made Sudiarsa Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Bali, Bukit Jimbaran, Badung, 80364
  • Ketut Wiwin Andayani Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Bali, Bukit Jimbaran, Badung, 80364
  • I Ketut Sutapa Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Bali, Bukit Jimbaran, Badung, 80364

Keywords:

Kawasan/Lingkungan, Kantor Kepala Desa, Pengabdian Masyarakat.

Abstract

Kantor Kepala Desa Padangsambian Kaja, Kecamatan Denpasar Barat, Kota Denpasar, sangat memerlukan data pengukuran untuk pengembangan dan pembangunan.. Mengingat tempat yang tersedia sangat terbatas maka pemerintahan desa memerlukan pemetaan kawasan/lingkungan kantor desa yang tepat dengan memanfaatkan lahan yang ada semaksimal mungkin. Untuk bisa membuat perencanan dan perhitungan yang tepat diperlukan data-data pendukung berupa pemetaan lokasi bangunan. Program Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Bali akan dilaksanakan di Kantor Kepala Desa Padang sambian Kaja, Kecamatan Denpasar Barat, Kota Denpasar akan dilaksanakan berupa, pemetaan wilayah. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah rangka membantu dan meningkatkan peran aktif masyarakat dalam membangun daerahnya secara swadya. Permasalahan yang dihadapi adalah staf desa setempat tidak tahu berapa luas lahan lahan kantor Desa. Metode Program Pengabdian Masyarakat ini akan diawali dengan pemetaan lokasi dengan Total Station. Semoga dengan program Pengabdian Masyarakat ini, masyarakat terbantu dan bisa lebih mandiri membangun dan memelihara apa yang sudah mereka bangun nantinya.

References

Abidin, Hasanuddin. Z, DR.Jones, Andrew MsurvSc. MBA dan Kahar. JoenilProf. DR. (1995), Survei Dengan GPS. Jakarta : Pradnya Paramita.

Irvine, William. (1980), Survey for Construction. England : Mc Graw - Hill Book Company.

Rinto Sasongko.lr Jmron Kuncoro.lr, M.Suaib Reiza.Drs, Dwi Hari Subagio.BE, Medi Efendi. (1996), Petunjuk Praktikum Ukur Tanah 2. Bandung : Pusat Pengembangan Pendidikan Politeknik.

Sato Takeshi. G, Sugiharto. N.H. (1986), Menggambar Mesin Menurut Standar ISO, Sosrodarsono, Suyono dan Masayoshi Takasaki. (1981), Pengukuran Topografi dan Teknik Pemetaan. Jakarta : Pradnya Paramita.

Wongsotjitro, Soetomo.(1977). Ukur Tanah. Jakarta : Swada.

Downloads

Published

2020-11-05

How to Cite

Sudiarsa, M., Andayani, K. W., & Sutapa, I. K. (2020). PEMETAAN LOKASI KANTOR KEPALA DESA PADANG SAMBIAN KAJA, KECAMATAN DENPASAR BARAT DENPASAR. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(1), 586-593. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/515