ANALISIS CEK LIST KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA DI LABORATORIUM PENGOLAHAN DAN PASCA PANEN PRODI AGRIBISNIS POLIWANGI

Authors

  • Moch. Shandy Sasmito Agribisnis, Politeknik Negeri Banyuwangi, Jl. Raya Jember KM. 13 Labanasem, Banyuwangi, 68461
  • Nugroho Dwi Prasojo Agribisnis, Politeknik Negeri Banyuwangi, Jl. Raya Jember KM. 13 Labanasem, Banyuwangi, 68461
  • Jamila Agribisnis, Politeknik Negeri Banyuwangi, Jl. Raya Jember KM. 13 Labanasem, Banyuwangi, 68461

Keywords:

Keselamatan Dan Kesehatan Kerja, Laboratorium Pengolahan Dan Pasca Panen, Cek List

Abstract

Dalam pengelolaan laboratorium telah disinggung syarat mutu laboratorium yang dapat disinkronisasikan dengan penerapan K3 seperti mengenai tata letak laboratorium, syarat ruang kantor, alat pelindung diri, kebersihan, peralatan darurat, mengenai bahan kimia, instalasi pembuangan limbah dan kelistrikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis cek list keselamatan dan kesehatan kerja yang ada di laboratorium pengolahan dan pasca panen. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dalam bentuk survey. Analisis data menggunakan penyimpulan empat kategori dengan teori distribusi normal yaitu X>=295 (Sangat Baik), 267<=X<295 (Baik), 238<=X<267 (Cukup baik), 238>=X (Tidak Baik). kesimpulan bahwa secara menyeluruh penerapan cek lis k3 laboratorium di laboratorium pengolahan dan pasca panen Program Studi Agribisnis Politeknik Negeri Banyuwangi telah dilaksanakan dengan baik dengan skor 58,33%.

References

Kartikasari, N. S. (2019). Peran Laboratorium sebagai Pusat Riset untuk Meningkatkan Mutu dari Lembaga Pendidikan pada Jurusan THP_FTP_UNEJ. Jurnal Teknologi dan Manajemen Pengelolaan Laboratorium (Temapela). 2 (1): 17-27.

Maharani, R.I. dan Sasi, F.A. (2018). Analisis Cek List K3 Laboratorium di Laboratorium Biologi FMIPA UNNES. Jurnal Teknologi dan Manajemen Pengelolaan Laboratorium (Temapela). 1 (1): 31-38.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Downloads

Published

2020-11-05

How to Cite

Sasmito, M. S., Prasojo, N. D., & Jamila. (2020). ANALISIS CEK LIST KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA DI LABORATORIUM PENGOLAHAN DAN PASCA PANEN PRODI AGRIBISNIS POLIWANGI. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(1), 571-577. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/517