MENGATASI POTENSI LONGSOR PADA KUBURAN BANJAR YEHMALET KELOD DESA BELUMBANG KERAMBITAN

Authors

  • I Wayan Wiraga Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Bali Bukit Jimbaran Badung, 80364
  • I Wayan Arya Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Bali Bukit Jimbaran Badung, 80364
  • I G A G Surya Negara Dwipa Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Bali Bukit Jimbaran Badung, 80364
  • A A Putri Indrayanti Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Bali Bukit Jimbaran Badung, 80364

Keywords:

Erosi, Longsor, Konstruksi Penahan Longsor

Abstract

Lereng tanah disebelah barat dari kuburan Yehmalet Kelod berpotensi mengalami erosi sekaligus longsor. Ancaman erosi dan longsor ini kemungkinan disebabkan oleh tiga hal yaitu akibat aliran air hujan, aliran sungai dan struktur tanah di lereng tersebut. Perlu dilakukan anlisis tentang tiga hal tersebut untuk mencegah terjadinya bencana erosi/longsor tersebut. Dilakukan kajian mulai dari pengujian tanah, pola aliran air sungai saat banjir dan aliran air hujan saat musim hujan. Dilakukan pemilihan bengunan penahan/pencegah erosi dan  longsor yang sesuai dengan tiga hal tersebut. Unruk menghitung tinggi lereng dan dimensi bangunan penahan longsor diperlukan juga peta topofrafy.  

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa potensi longsor tidak terlihat pada lereng yang diteliti. Yang terjadi dilapangan adalah erosi akibat gerusan air hujan dan gerusan aliran banjir sungai akibat pantulan arus dari seberang sungai. Solusi yang ditawarkan adalah pemasangan bronjong pada beberapa titik untuk membelokkan arus pantulan air saat banjir. Dimensi bronjong dihitung berdasarkan tekanan tanah aktif disisi lereng. Dimensi minimal sesuai dihitung dengan cara membandingkan bronjong dengan massa batuan besar yanag ada dipinggir sungai.

References

Donald P. Coduto.(1994).PE, GE, Foundation Design, Principle and Practice, Prentice Hall, Engewood Cliffs, NJ 07632.

G Jatmiko Soedarmo, Ir. S.J.Edy Purnomo (1993). Mekanika Tanah 2, Kanisius, Malang.

Suryolelono Kabul Basah, Prof. Dr. Ir. Dip.H.E., D.E.A. Bencana Alam Tanah Longsor Perspektif Ilmu Geoteknik, Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar Pada Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada.

Suyono Sosro Darsono, Kazuto Nakazawa. (1990), Mekanika Tanah dan Teknik Pondasi, PT. Pradnya Paramita,Jakarta.

Downloads

Published

2020-11-05

How to Cite

Wiraga, I. W., Arya, I. W., Dwipa, I. G. A. G. S. N., & Indrayanti, A. A. P. (2020). MENGATASI POTENSI LONGSOR PADA KUBURAN BANJAR YEHMALET KELOD DESA BELUMBANG KERAMBITAN. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(1), 547-554. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/520