PENATAAN KAWASAN/LINGKUNGAN PURA SAKENAN DI KOTA DENPASAR

Authors

  • I Ketut Sutapa Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Bali, Bukit Jimbaran, Badung, 80364
  • Made Sudiarsa Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Bali, Bukit Jimbaran, Badung, 80364
  • I Nengah Darma Susila Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Bali, Bukit Jimbaran, Badung, 80364

Keywords:

Penataan, Kawasan/Lingkungan,, Pura Sakenan

Abstract

Pura Sakenan berstatus Dang Kahyangan. Letak pura ini di Pulau Serangan, dengan  luas daratan pulau ini semula sekitar 1.119 km2, terletak di ujung tenggara pulau Bali, yang merupakan bagian dari wilayah Kelurahan Serangan, Kecamatan Denpasar Selatan, Kotamadya Denpasar. Pura ini terbagi menjadi dua bagian yang sama-sama dikelilingi oleh tembok penyengker. Bagian timur adalah Pura Masceti dan yang di sebelah barat adalah Pura Sakenan. Palinggih-palinggih yang ada di lingkungan Pura Masceti sebagian besar merupakan Pedarman. Sedangkan pada Pura Sakenan hanya terdapat satu persada yaitu Persada Danghyang Dwijendra. Peta lokasi kawasan/lingkungan Pura Sakenan di Kelurahan Serangan, Kecamatan Denpasar Selatan di Kota Denpasar. Tujuan umum pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk menyesuaikan penataan pura yang sudah ada, baik penataan kawasan/lingkungan, manajemen maupun sarana dan prasarana pura sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Adapun sasaran kegiatan ini adalah a. Rencana pengembangan sarana dan prasarana kawasan/lingkungan Pura, b. Mempunyai pegangan dalam melaksanakan pengembangan Pura secara benar dan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Melalui Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini akan dilakukan beberapa tahap kegiatan sebagai solusi dari permasalahan yang dihadapi yaitu  pengukuran area pura, penggambaran hasil ukur, pengembangan sarana dan prasarana di kawasan pura

References

Irvine, William. (1980). Survey for Construction. England : Mc Graw - Hill Book Company.

Sosrodarsono, Suyono dan Masayoshi Takasaki. 1981. Pengukuran Topografi dan Teknik Pemetaan. Jakarta : Pradnya Paramita.

Abidin, Hasanuddin Z DR ;Jones, Andrew MsurvSc.MBA dan Kahar. Joenil Prof.DR. 1995.Survei Dengan GPS. Jakarta : Pradnya Paramita.

Muhamadi,Mansur Ir.Msc. Ilmu Ukur Tanah. Surabaya. Pasca Sarjana Jurusan Teknik Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Rinto Sasongko.lr Jmron Kuncoro.lr, M.Suaib Reiza.Drs, Dwi Hari Subagio.BE, Medi Efendi. 1996. Petunjuk Praktikum Ukur Tanah 2. Bandung : Pusat Pengembangan Pendidikan Politeknik.

Downloads

Published

2020-11-05

How to Cite

Sutapa, I. K., Sudiarsa, M., & Susila, I. N. D. (2020). PENATAAN KAWASAN/LINGKUNGAN PURA SAKENAN DI KOTA DENPASAR. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(1), 532-538. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/522