PENILAIAN SALURAN DRAINASE BERDASARKAN PENILAIAN TINGKAT LAYANAN JARINGAN DRAINASE ASPEK TEKNIS DI PERUMAHAN SAWOJAJAR KOTA MALANG

Authors

  • Muhammad Risqil Machasin Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta 9, Malang 65141
  • Ratih Indri Hapsari Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta 9, Malang 65141
  • Moh. Charits Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta 9, Malang 65141

Keywords:

Saluran Drainase, Tingkat Layanan, Sawojajar Malang

Abstract

Salah satu dampak pertumbuhan penduduk di Kota Malang adalah peningkatan debit limpasan permukaan dan penurunan imbuhan air tanah yang mengakibatkan genangan di musim hujan dan kekurangan air di musim kemarau. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pelayanan saluran drainase di permukiman Sawojajar Malang dan mengusulkan rehabilitasi saluran guna meningkatkan pelayanan drainase. Untuk melakukan penelitian ini diperlukan data curah hujan dari tiga stasiun terdekat yaitu Dinoyo, Blimbing dan Tajinan tahun 2009-2018, peta topografi, dan dimensi saluran dan bangunan eksisting. Data curah hujan disiapkan dengan melakukan analisis data yang hilang, uji konsistensi dengan kurva massa ganda, dan analisis curah hujan areal. Distribusi curah hujan rancangan dihitung dengan Log Pearson Type III dengan periode ulang 5 tahun. Survei lapangan dilakukan untuk menilai dimensi dan kualitas drainase yang ada beserta strukturnya. Kriteria pelayanan yang digunakan dalam penelitian ini adalah indeks kapasitas sistem yang meliputi variabel kapasitas saluran, kondisi saluran, kapasitas struktur, dan kepadatan drainase. Berdasarkan analisis tingkat pelayanan drainase, direkomendasikan 8 saluran utama berstatus operasional biasa, 5 saluran utama memerlukan pemeliharaan rutin, dan 1 saluran utama memerlukan pemeliharaan berkala.

 

References

Ardiyana, M., Bisri, M., dan Sumiadi. (2016). Studi penerapan ecodrain pada sistem drainase perkotaan (Studi kasus: Perumahan Sawojajar Kota Malang). Jurnal Teknik Pengairan, 7(2), 295-309.

Chow, V. T. (1959). Hidrolika Saluran Terbuka. Jakarta: Erlangga

Soemarto, C.D. (1987). Hidrologi Teknik. Surabaya: Usaha Nasional.

Departemen Pekerjaan Umum. (2006). Pedoman Perencanaan Drainase.

Suripin. (2004). Sistem Drainase Perkotaan yang Berkelanjutan. Yogyakarta: Andi Offset.

Suroso, Suharyanto, A., Anwar, M.R., Pudyono, dan Wicaksono, D.H. (2015). Evaluasi dan perencanaan ulang saluran drainase pada kawasan Perumahan Sawojajar Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Jurnal Rekayasa Sipil, 8(3), 207-213.

Suprayogi, H., Juwono, P.T., dan Subagiyo, A. (2019). Indeks Drainase dan Banjir Perkotaan. Jakarta: Kompas.

Suprayogi, H., Bisri, M., Limantara, L.M., Andawayanti, U. (2018). Service index modeling of urban drainage network. International Journal of GEOMATE, 15(50), 95-100.

Downloads

Published

2020-11-05

How to Cite

Machasin, M. R., Hapsari, R. I., & Charits, M. (2020). PENILAIAN SALURAN DRAINASE BERDASARKAN PENILAIAN TINGKAT LAYANAN JARINGAN DRAINASE ASPEK TEKNIS DI PERUMAHAN SAWOJAJAR KOTA MALANG. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(1), 642-649. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/535