PROTOTIPE SISTEM MONITORING KUALITAS PH AIR PADA KOLAM AKUAPONIK UNTUK MENJAGA KETAHANAN PANGAN

Authors

  • Adi Pratomo Manajemen Informatika, Politeknik Negeri Banjarmasin, Jl. Brigjen H. Hasan Basri Komp. Kampus ULM, Banjarmasin, 70126
  • Agus Irawan Manajemen Informatika, Politeknik Negeri Banjarmasin, Jl. Brigjen H. Hasan Basri Komp. Kampus ULM, Banjarmasin, 70126
  • Mey Risa Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Banjarmasin, Jl. Brigjen H. Hasan Basri Komp. Kampus ULM, Banjarmasin, 70126

Keywords:

akuaponik, android, arduino, pH air

Abstract

Desa Jejangkit Kalimantan Selatan telah membangun budidaya perikanan dan perkebunan aquaponik dengan infrastruktur filterisasi air asam. Permasalahan yang sering dialami saat ini adalah kematian ikan yang disebabkan oleh perubahan tingkat keasaman dari air kolam. Selama ini hal yang dilakukan oleh petani budidaya ikan adalah dengan melakukan pengukuran ph air secara manual dan biasanya hal tersebut sudah terlambat.

Solusi permasalahan tersebut adalah dengan membangun sistem monitoring tingkat pH air kolam yang mampu memberikan peringatan secara dini apabila terjadi perubahan kualitas air. Sensor pada sistem Arduino dapat mendeteksi perbedaan pH air lalu mengirimkan data ke mikrokontroler. Data tersebut dapat dijadikan acuan bahwa pH yang ada di kolam dalam keadaan netral atau berbahaya dan alat ini juga dapat mengirimkan notifikasi pesan singkat melalui aplikasi berbasis android ke petani ikan melalui jaringan Bluetooth.

Sistem monitoring yang dikembangkan akan menghasilkan informasi berupa kualitas pH dan suhu air kolam yang dapat dipergunakan sebagai rekomendasi bagi petani tentang keadaan air kolam.

References

Ahmad, T. (1991). Pengelolaan peubah mutu air yang penting dalam tambak udang intensif. Infish Manual Seri, (25).

Ariska, F., Hadi, I., & Lindawati, L. (2019). Perancangan Alat Pendeteksi Kualitas Air Berbasis Android. Prosiding SENIATI, 173-176.

Boyd, C. E., & Tucker, C. S. (1992). Water quality and pond soil analyses for aquaculture. Water quality and pond soil analyses for aquaculture.

Djuandi, F. (2011). Pengenalan arduino. E-book. www. tobuku, 1-24.

Pratama, A. S., Efendi, A. H., Burhanudin, D., & Rofiq, M. (2019). Simkartu (Sistem Monitoring Kualitas Air Tambak Udang) Berbasis Arduino dan SMS Gateway. Jurnal SITECH: Sistem Informasi dan Teknologi, 2(1), 121-126.

Qalit, A., Fardian, F., & Rahman, A. (2017). Rancang Bangun Prototipe Pemantauan Kadar pH dan Kontrol Suhu Serta Pemberian Pakan Otomatis pada Budidaya Ikan Lele Sangkuriang Berbasis IoT. Jurnal Karya Ilmiah Teknik Elektro, 2(3).

Tadeus, D. Y., Azazi, K., & Ariwibowo, D. Model Sistem Monitoring pH dan Kekeruhan pada Akuarium Air Tawar berbasis Internet of Things. METANA, 15(2), 49-56.

Umar, N., & Thamrin, A. D. U. (2018, December). MONITORING PH AIR BUDIDAYA IKAN LELE. In Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M).

Downloads

Published

2020-11-05

How to Cite

Pratomo, A., Irawan, A., & Risa, M. (2020). PROTOTIPE SISTEM MONITORING KUALITAS PH AIR PADA KOLAM AKUAPONIK UNTUK MENJAGA KETAHANAN PANGAN. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(1), 820-827. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/540