SISTEM INVENTARIS BERBASIS WEB PADA DEPARTEMEN MOULDING STORE PT. GIKEN PRECISION INDONESIA

Authors

  • Bram Laksamana Fraseteo Teknik Informatika, Politeknik Negeri Batam, Jl. Ahmad Yani, Tlk. Tering, Kec. Batam Kota, Batam, Kepulauan Riau, 29461
  • Nelmiawati Teknik Informatika, Politeknik Negeri Batam, Jl. Ahmad Yani, Tlk. Tering, Kec. Batam Kota, Batam, Kepulauan Riau, 29461

Keywords:

Sistem Inventaris, Waterfall, DEA

Abstract

Data inventaris barang sangat dibutuhkan untuk proses pencatatan data karena aktifitas pencatatan yang terjadwal akan mempengaruhi jumlah maupun kondisi data. Dengan menggunakan pencatatan data secara manual akan mempersulit proses pemasukan data yang banyak. Selain di catat data inventaris juga harus dapat di olah dan di akses dengan lengkap dan akurat. Pengembangan sistem inventaris ini dilakukan di Departemen Moulding Store PT. Giken Precision Indonesia, saat ini masih menggunakan cara konvensional. Sistem inventaris berbasis web  dapat di akses oleh karyawan di Departemen Moulding Store. Dalam perancangannya, sistem ini menggunakan metode waterfall untuk analisis kebutuhan, desain sistem, penulisan, pengujian dan penerapan kode program sangat terstruktur. Di mana sistem ini selain di kembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP juga menggunakan database MYSQL. Pada akhirnya, metode analisa DEA (data envelopment analyst) digunakan untuk mengukur tingkat efisiensi dari sebelum penggunaan aplikasi dan sesudah penggunaan aplikasi. Hasil menunjukkan bahwa tingkat efisiensi = 1 di mana sistem ini dapat menjadi alternatif dalam membantu proses pencatatan maupun pendataan barang masuk yang konvensional, sehingga pemanfaatan kertas pada perusahaan ini berkurang sebanyak 1675 lembar per bulan.

 

References

Bowlin, W. F. (1998). Measuring Performance: An Introduction to Data Envelopment Analysis (DEA). Departement of Accounting University of Northen Iowa, 1-6.

Cheng Gang, Q. Z. (2014). MaxDea Pro 6.3. Beijing:Beijing Realworld Research.

Cooper, W. S. (2006). Introduction to data envelopment analysis and its uses with DEA-solver software and references. Springer Science & Business Media.

Hidayatullah, P. d. (2015). Pemrograman WEB. Bandung: Informatika Bandung.

Kurniawan, T. A. (2018). Pemodelan Use Case (Uml): Evaluasi Terhadap Beberapa Kesalahan Dalam Praktik. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 1-10.

Rahmawati. (2017). Sistem Informasi Inventory Stok Barang Pada Cv. Artha Palembang. SKRIPSI.

Satya Swesty Widiyana, R. I. (2017). Analisa Pengukuran Efisiensi Dengan Metode Data Envelopment Analysis (Dea) Di Heaven Store Surabaya Barat. Prozima, 1-6.

Simatupang, M. (2015). Tugas Akhir. Aplikasi Pengolahan Data Inventaris Barang Di Pt Adira Kredit Berbasis Web, 1-60.

Yurindra. (2017). Software Engineering. Yogyakarta: Deepublish.

Downloads

Published

2020-11-05

How to Cite

Fraseteo, B. L., & Nelmiawati. (2020). SISTEM INVENTARIS BERBASIS WEB PADA DEPARTEMEN MOULDING STORE PT. GIKEN PRECISION INDONESIA. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(1), 753-761. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/548