APLIKASI PEMBELAJARAN 3D ANATOMI, FISIOLOGI DAN FARMAKOLOGI PADA KATAK DAN MENCIT BERBASIS WEB
Keywords:
Anatomi, fisologi, farmakologi, 3D, WebsiteAbstract
Mahasiswa pada program studi biologi dan kedokteran membutuhkan pengetahuan anatomi, fisiologi dan farmakologi hewan secara detil dengan visualisasi yang tepat. Hewan yang biasa digunakan sebagai objek pembelajaran adalah katak dan mencit (tikus putih). Saat ini di Indonesia pengembangan aplikasi untuk pembelajaran hewan tersebut masih belum banyak dilakukan. Jumlah objek visualisasi dari anatomi, fisiologi dan farmakologi hewan yang dibuat secara 3D masih terbatas. Kualitas gambar yang dihasilkan masih rendah, tampilan organ yang kurang detail, serta aplikasi yang dihasilkan juga nampak belum interaktif dan terintegerasi. Untuk mengatasi kebutuhan pembelajaran tersebut, penelitian yang dilakukan adalah mengembangkan sebuah aplikasi pembelajaran 3D anatomi, fisiologi dan farmakologi pada katak dan mencit berbasis web, yang dapat digunakan oleh mahasiswa program studi biologi serta program studi kedokteran. Aplikasi dibuat menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan enam tahapan, yakni Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, Distribution. Ujicoba fungsional aplikasi dilakukan menggunakan metode blackbox. Adapun uji usabilitas dilakukan kepada 30 mahasiswa biologi dan kedokteran di Surabaya, menggunakan metode Quality In Use Integrated Measurement (QUIM). Hasil yang diperoleh dari 10 faktor QUIM menunjukkan rata-rata nilai yang diperoleh adalah 84%. Hasil ini menyatakan bahwa aplikasi yang dikembangkan layak untuk digunakan.
References
Binanto, Iwan. (2010). Multimedia Digital, Dasar Teori + Pengembangannya. Yogyakarta: CV. Andi Offset
Isnaeni, Wiwi (2006), Fisiologi Hewan, Yogyakarta: Penerbit Kanisius
Sarwadi., Efanto L., (2014), Buku pintar anatomi tubuh manusia, Jakarta : Dunia Cerdas
Zakharia, Elia (2016), Perancangan Antarmuka Online Course Pada Perangkat Mobile Menggunakan Teori Usability, Informatika (Vol 12 No.1),pp 80-100,
Hartanto W.K , (2019), Perancangan User Interface Game Angklung dengan Metode User Centered Design, Indonesia Journal on Computing, (Vol 12 No.1)