ANALISIS KEBUTUHAN SISWA TERHADAP MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL

Authors

  • Renny Permata Saputri Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang, Jl. Raya Lubuk Begalung, Padang, 25237
  • Monica Fransisca Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang, Jl. Raya Lubuk Begalung, Padang, 25237

Keywords:

pendidikan, media pembelajaran, android, analisis kebutuhan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil analisis kebutuhan siswa terhadap media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran simulasi digital. Analisis kebutuhan siswa ini difokuskan pada siswa sekolah menengah kejuruan di kota Padang. Penggunaan metode yang dipilih dalam pengumpulan data yaitu metode kuantitatif menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan untuk mendapatkan data adalah responden siswa sekolah menengah kejuruan di kota Padang yang dipilih secara acak di kelas X dan terdiri atas 52 orang responden. Data dikumpulkan melalui proses observasi, wawancara, dan pengisian angket berupa kuesioner. Hasil data kuesioner ini kemudian diolah dan dijadikan dalam bentuk persentase berupa tabel dan grafik. Analisis kebutuhan siswa terhadap media pembelajaran berbasis android menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis android dalam proses pembelajaran sangat dibutuhkan dan siswa merasa tertarik dengan penggunaan android sebagai media pembelajaran. Hal ini dapat dilihat berdasarkan pada persentase pernyataan setuju terhadap pembuatan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran simulasi digital, yaitu pada persentase 94.23% menyatakan setuju. Hasil analisis kebutuhan siswa ini akan digunakan untuk perancangan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran simulasi digital untuk tingkat sekolah menengah kejuruan di kota Padang.

References

Fransisca, M., Yunus, Y., Dewi Sutiasih, A., & Permata Saputri, R. (2019). Practicality of E-Learning as Learning Media in Digital Simulation Subjects at Vocational School in Padang. JPhCS, 1339(1), 012077.

Fransisca, M., & Yunus, Y. (2019). Efektivitas E-Learning Tingkat Sekolah Menengah Atas Kota Padang. Indonesian Journal of Computer Science, 8(2), 113-120.

Kaliisa, R., & Picard, M. (2017). A systematic review on mobile learning in higher education: The African perspective. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 16(1).

Menrisal, M., Radyuli, P., & Wulandari, N. P. (2019). Perancangan Dan Pembuatan Modul Interakti Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Teknologi Layanan Jaringan. JURNAL PTI (PENDIDIKAN DAN TEKNOLOGI INFORMASI) FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITA PUTRA INDONESIA" YPTK" PADANG, 6(2), 38-46.

Oetomo, A. P. (2006). Pengembangan Bahan Pembelajaran Mandiri Komputasi Fisika Dengan Menggunakan Moodle Secara Online Di Jurusan Fisika Universitas Negeri Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Satyaputra, A., & Aritonang, E. M. (2016). let’s Build Your Android Apps With Android Studio. Jakarta: Elexmedia Komputindo.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sutiasih, A. D., & Saputri, R. P. (2019). Pengembangan mobile learning berbasis android sebagai media pembelajaran organisasi arsitektur komputer. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 137-147.

Utami, I. S. (2017). Pengujian Validitas Model Blended Learning di Sekolah Menengah Kejuruan. VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 1-10.

Yunus, Y. (2019). Students’needs Of English Speaking Materials In Tourism Vocational School In PadanG. journal of residu, 3(23, Novemb), 116-123.

Downloads

Published

2020-11-05

How to Cite

Saputri, R. P., & Fransisca, M. (2020). ANALISIS KEBUTUHAN SISWA TERHADAP MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(1), 902-909. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/555